PEMIKIRAN TASAWUF–FALASAFI TAFSIR ṢADR AD-DĪN AL-MUTA’ALIHĪN AL-SHĪRĀZĪ: STUDI ATAS CORAK TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB DAN TAFSIR AL-QURAN AL-KARIM
Main Article Content
Abstract
Tasawuf dan filsafat adalah dua disiplin ilmu yang dicitrakan dikhotomis dalam penafsiran al-Qur’an. Konsekuensi yang dihasilkan ialah warna (laun) tafsir yang diproduksi. Upaya-upaya sintesis tasawuf dan filsafat dalam konteks penafsiran al-Qur’an dikembangkan oleh Mulla Sadra, sebagai upaya untuk mengintegrasikan antara keduanya yang disebut dengan al-Hikmatu al-Muta’aliyyah. Konsep tersebut tidak lepas dalam penafsiran al-Qur’an, Karya tafsir Mulla á¹¢adrÄ yang dikaji dalam penelitian ini yaitu tafsir Mafatih al-Ghaib dan Tafsir al-Quran al-Karim. Pendekatan yang digunakan ialah Muqaranah al-Tafsir (Study Comperative). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orientasi tafsir MullÄ á¹¢adrÄ merupakan sintesis antara pendekatan Tasawuf dan Filsafat. Mulla á¹¢adrÄ menggunakan perangkat takwil melalui media akal (al-‘aql), hati (qalb) dan imajinasi (khayal). Teks tafsir al-Qur’an karya Mulla á¹¢adrÄ menyebutkan beberapa terma yang mengindikasikan adanya sintesis Tasawuf dan Filsafat. Ada beberapa kata kunci yang digunakan Mulla á¹¢adrÄ dalam menafsirkan al-Qur’an, seperti; al-Isyarah, al-Isyraq, isyraq syams, al-Hikmah, al-‘Irfan, al-Mi’raj, al-InÄrah, at-Tanwir, mukasyafah ‘arsyiyah, kasyf ‘aqli, kasyf burhani, ta’yid kasyfi dan kata-kata kunci lain berupa derivasi-derivasinya. Penafsiran Tasawuf-Falsafi Mulla á¹¢adrÄ bermuara pada al-Hikmah al-Muta’aliyah fi al-Asfar al-‘Aqliyah al-Arba’ah. Ayat-ayat al-Qur’an ditafsirkan dengan nuansa sufistik yang kemudian dilakukan argumentasi nalar-demonstratif (burhÄni).Â
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Al-Alusi. (1270). Tafsi>r Ru>h{ al-Ma’a>ni Fi Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m wa al-Sabu’ al-Matha>ni. Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Ilmiyyah.
Al-FarmÄwi, A. H. (1977). Al-BidÄyah fÄ« at-TafsÄ«r al-Mawá¸Å«â€™Ä« . al-Mathba’ah al-Hadarah al-‘Arabiyyah.
Al-GhazÄlÄ«, A. H. (n.d.). JawÄhir al-Qur’Än (M. Raihan, ed.). DÄr as-Salamah li At-ThibÄ’ah wa al-Nasyr wa al-tauzi’ wa at-Tarjamah.
Al-Khazavi, M. (n.d.). Lawami’ al-Arifin fi Ahwal Shadr al-Mutallihin. Teheran: Maula.
Al-Qattan, M. (n.d.). Mabahits Fi ’Ulumil Qur’an. al-Qahirah: Maktabah Wahbah.
Al-Qusyairi, A. al-Q. (2007). LathÄif al-IsyÄrah (2nd ed.; A. L. H. AbdurrahmÄn, ed.). Dar al-Kutub al-‘Alamiyyah.
Al-SuyÅ«thi, J. (n.d.). Al-ItqÄn fi ‘UlÅ«m al-Qur’Än. Beirut: Mausuah ar-Risalah.
Al-Zarqa>ni>, A. al-‘Az}i>m. (1995). Mana>hil al-‘Irfa>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n (2nd ed.). Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi>.
Alfurqon, A. (n.d.). Kaidah Kualifikasi Intelektual Mufasir Dan Urgensinya. Mutawâtir, 1(2), 217–228.
Amin Suma, M. (2013). Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
As-SyirÄzi, á¹¢adruddin. (n.d.). MafÄtÄ«h al-Ghaib. Intisyarat Baidar Qum.
Bagir, H. (2000). Buku Saku Filsafat Islam. Bandung: Mizan.
Corbin, H. (1993). A History of Islamic Philosophy (L. Sherrard, ed.). London: Kegan Paul.
D{aif, S. (1379). Mu’jam al-Wasi>t}. al-Qahirah.
Faiz. (2013). Eksistensialisme Mulla á¹¢adra. Teosofi:Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 3(2).
Fakhri, M. (1983). A History of Islamic Philosophy. New York: Columbia University Press.
Goodman. (n.d.). History of Islamic Philosophy (S. H. N. dan O. Leaman, ed.). London: Published by Routlegde.
Kamal, M. (2006). MullÄ á¹¢adrÄ’s Transcendent Philosophy. Ashgate Publishing.
Khamenei, M. (n.d.). Hikmah Muta’aliyah wa Mullah Shadra. Teheran: Bunyad Hikmati Islami.
Khamenei, M. (2004). Mulla Sadra’s Transcendent Philosophy. Tehran: Sadra Islamic Philosophy Research Institute (SIPRIn).
Khamenei, M. (2006). The Qur’anic Hermeneutics of Mulla Sadra. Tehran: SIPRIn Publications.
Lambert, C. (2006). The Act of Being; The Philosophy of Revelation in Mulla Sadra (J. Fort, ed.). New York: Zone Books.
MacEoin, D. (2001). “Mulla Sadraâ€. The Encyclopedia of Islam. Leiden: EJ Brill.
Mahammad Husein Al-Dzahaby. (n.d.). Al-Tafsir wal-Mufassirun. Kairo: Maktabah Wahbah.
Misykatudini, A. H. (n.d.). Nazhari bi Falsafe-e Shadruddin Syirazi. Teheran: Agah.
Moris, Z. (1994). Revelation, Intelectual Intuition and Reason in the Philosophy of Mulla Sadra; an Analysis of the al-Hikmah al-Muta’aliyyah. The American University.
Munir. (2013). The Problem of Evil in Islamic Philosophy; Mulla Sadra’s Theodicy. In Universitas Islam Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Muthahari. (n.d.). Hudud al-Falsafah wa Lawami’ al-‘Irfan.
Nasution, H. B. (n.d.). Hikmah Muta’Äliyyah; Analisa Filosofis terhadap Proses Sintesis MullÄ á¹¢adrÄ.
Nur, S. (2003). Filsafat Wujud Mulla Sadra. Jakarta: Teraju.
QÄdir, S. A. (n.d.). TafsÄ«r al-JÄ«lÄni (A. Farid al-Muzaidi, Ed.). Pakistan: Maktabah Ma’rÅ«fiyyah.
QÄsim, M. (n.d.). Dirasat fi al-Falsafah al-Islamiyyah. Kairo-Mesir: Dar al-Ma’arif.
QÄsim, M. (1973). Dirasat fi al-Falsafah al-Islamiyyah. Mesir: Dar al-Ma’arif.
Rahman, F. (1975). Philosophy of Mulla Sadra. Albani, NY: State University of New York Press.
Rustom, M. (2009). Qur’anic Exegesis in Later Islamic Philosophy: Mulla Sadra’s TafsÄ«r Surah al- FÄtihah. Canada: University of Toronto.
Sadra, Mulla, and M. bin I. (1985). Al-Mazahir al-ilahiyya. Tehran: Sadra.
Ṣadra. (2001). Syarh al-Hidayah al-Aṡiriyyah. Beirut: Dar Ihya at-Turaṡ al-‘Arabi wa Muasasat at-Tarikh al-‘Arabi.
á¹¢adra, M. (n.d.-a). kitab TafsÄ«r al-Qur’Än al-KarÄ«m (2nd ed.). Qum: Intisyarat Baidar.
á¹¢adra, M. (n.d.-b). MafÄtÄ«h al-Ghaib. Qum: MuasasÄt wa TahqiqÄt.
á¹¢adra, M. (n.d.-c). TafsÄ«r al-Qur’Än al-KarÄ«m (2nd ed.). Qum: Intisyarat Baidar.
á¹¢adrÄ, M. (n.d.). Asrar al-Ä€yÄt. Teheran: Islami Hikmati.
á¹¢adrÄ, M. (1981). Al-Ḥikmah al-MutaÊ¿Äliyah fÄ« al-AsfÄr al-Ê¿Aqliyah al-ArbaÊ¿ah. Beirut: DÄr IḥyÄ’ al TurÄth.
Sayid Muhsin Miri dan Muhammad Ja’far Ilmi. (n.d.). Pihristi Maudhu’i Asfar. Teheran: Hikmati Islami.
Shihab, M. Q. (2013). Kaidah Tafsir. Jakarta: Lentera Hati.
Sulami, A. A. (2001). HaqÄiq al-TafsÄ«r. Kairo-Mesir: DÄr al-Kutub al-Ilmiah.
Taftajani, A. al-W. (1985). al-Madkhal ila at-Tasawwuf al-Islami (Sufi dari). Penerbit Pustaka.
Wahyudi, Y. (2006). Ushul Fiqih versus Hermeneutika. Yogyakarta: Nawesea Press.
Zanjani, A. A. (n.d.). Al-Filusuf al-Kabir Shadruddin Al-Syirazi. Teheran: á¹¢adr.