NILAI-NILAI ŪLŪ AL- ‘AZMI DALAM TAFSĪR IBN KATHĪR

Main Article Content

Fithria Khusno Amalia
Muhtar Solihin
Badruzzaman M. Yunus

Abstract

QaṣṣÄs al-Qur’Än merupakan bagian kandungan dari Alquran, yang salah satunya  menjelaskan kisah Nabi-Nabi yang digelari Ūlū al-‘Azmi, banyak ulama mengatakan bahwa Nabi-Nabi yang diberi gelar Ūlū al-‘Azmi merupukan Nabi yang sangat sabar terhadap ujian yang Allah Swt., dibanding dengan Nabi-Nabi yang lain, namun apakah dalam Alquran hanya menjelaskan kesabaran saja? Perlu pula untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam kisah  Ūlū  al-’Azmi dalam Alquran,  penulis menggunakan penaifsiran Ibn  KathÄ«r sebagai mufasir yang condong kepada al-RiwÄyah sebagai sandaran dalam kisah-kisah Alquran. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang berbentuk library research.  Kesimpulan dari penelitian ini ialah  nilai-nilai Ūlū al-‘Azmi dalam Alquran meliputi: (1). Bersyukur, (2). Dzi hijr (memiliki daya juang) , (3). Terbuka, (4). Rendah hati, (5). Pembelajar, (6). Gigih, (7). Semangat, (8). Pantang menyerah, (9). Tawakal, (10). Ilahiyah (terkoneksi dengan Allah), (11). Pemenang, (12). Pengendalian diri, (13). Patuh, (14). Tunduk, (15). khusyu, (16). Keyakinan, (17). Lembut hati, (18). Sopan, (19). Keteguhan, (20). Keistiqamahan, (21). Teladan, (22). Tidak pengecut dan (23). Tangguh.

Article Details

How to Cite
Amalia, F. K., Solihin, M., & M. Yunus, B. (2017). NILAI-NILAI ŪLŪ AL- ‘AZMI DALAM TAFSĪR IBN KATHĪR. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 71–77. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v2i1.1810
Section
Articles

References

Al-DzahabÄ«, Muḥammad Husain. Al-tafsÄ«r wa al-MufassirÅ«n. juz. 1.Al-Qohiroh: DÄr Al-Hadith, 2005 M.

Al- Qaṭṭan, Manna’ Khalil. Studi Ilmu-ilmu al-Quran.

judul asli: MabÄhith fÄ« ‘ŪlÅ«m al-QurÄn, penj. Mudzakir, cet. Ke-13.Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2009), Abdullah, Mawardi, ŪlÅ«mul Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Al-Habsyi, Abu Kautsar dan Ali Yahya. Membangun Generasi Qurani (Pandangan Imam Khomeini dan Syahid Muthahhari), cet. 1. Jakarta: Citra, 2012.

Al-KhÄlid, Solah Abdul Fatah, Ta’rÄ«f Al-DÄris BimanÄhij al-MufasirÄ«n, Cet. V (Damaskus: DÄr Al-Qolam, 1433 H.

Al-Sabuni, Muḥammad ‘Ali , Al-TibyÄn fÄ« ŪlÅ«m al-Qur’Än, judul terjemah : Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis, penj. Muhammad Qodirun Nur, Cet. 1.Jakarta: Pustaka Amani, 2001.

Al-Zuhailī, Muḥammad, Ibn Kathīr : Al-Hafidz Al-Mufassir.

Daryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya: Apollo, 1998.

Engkoswara, Administrasi Pendidikan .Jakarta:tp, 2010.

Lubis, Mawardi. Evaluasi Pendidikan Nilai, Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN .Yogyakarta: Al-Ruzz Media, 2009.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Cet.2. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012.

Manẓūr, Ibn, LisÄn al-'ArÄb, Cet. 1, jilid 15.Beirut: DÄr al-Sadr, 1990.

Mujib, Muhaimin & Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1998.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet.9. Jakarta: Kalam Mulia Group, 2012.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Quran “Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakatâ€. Bandung, Mizan Pustaka, 2013.

Zubaedi, "Desain Pendidikan Karakter", Cet.2. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012.