NILAI-NILAI ŪLŪ AL- ‘AZMI DALAM TAFSĪR IBN KATHĪR
Main Article Content
Abstract
QaṣṣÄs al-Qur’Än merupakan bagian kandungan dari Alquran, yang salah satunya menjelaskan kisah Nabi-Nabi yang digelari ŪlÅ«Â al-‘Azmi, banyak ulama mengatakan bahwa Nabi-Nabi yang diberi gelar ŪlÅ«Â al-‘Azmi merupukan Nabi yang sangat sabar terhadap ujian yang Allah Swt., dibanding dengan Nabi-Nabi yang lain, namun apakah dalam Alquran hanya menjelaskan kesabaran saja? Perlu pula untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam kisah  ŪlÅ«Â al-’Azmi dalam Alquran, penulis menggunakan penaifsiran Ibn  KathÄ«r sebagai mufasir yang condong kepada al-RiwÄyah sebagai sandaran dalam kisah-kisah Alquran. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang berbentuk library research.  Kesimpulan dari penelitian ini ialah  nilai-nilai ŪlÅ«Â al-‘Azmi dalam Alquran meliputi: (1). Bersyukur, (2). Dzi hijr (memiliki daya juang) , (3). Terbuka, (4). Rendah hati, (5). Pembelajar, (6). Gigih, (7). Semangat, (8). Pantang menyerah, (9). Tawakal, (10). Ilahiyah (terkoneksi dengan Allah), (11). Pemenang, (12). Pengendalian diri, (13). Patuh, (14). Tunduk, (15). khusyu, (16). Keyakinan, (17). Lembut hati, (18). Sopan, (19). Keteguhan, (20). Keistiqamahan, (21). Teladan, (22). Tidak pengecut dan (23). Tangguh.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Al-DzahabÄ«, Muḥammad Husain. Al-tafsÄ«r wa al-MufassirÅ«n. juz. 1.Al-Qohiroh: DÄr Al-Hadith, 2005 M.
Al- Qaá¹á¹an, Manna’ Khalil. Studi Ilmu-ilmu al-Quran.
judul asli: MabÄhith fÄ« ‘ŪlÅ«m al-QurÄn, penj. Mudzakir, cet. Ke-13.Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2009), Abdullah, Mawardi, ŪlÅ«mul Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Al-Habsyi, Abu Kautsar dan Ali Yahya. Membangun Generasi Qurani (Pandangan Imam Khomeini dan Syahid Muthahhari), cet. 1. Jakarta: Citra, 2012.
Al-KhÄlid, Solah Abdul Fatah, Ta’rÄ«f Al-DÄris BimanÄhij al-MufasirÄ«n, Cet. V (Damaskus: DÄr Al-Qolam, 1433 H.
Al-Sabuni, Muḥammad ‘Ali , Al-TibyÄn fÄ« ŪlÅ«m al-Qur’Än, judul terjemah : Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis, penj. Muhammad Qodirun Nur, Cet. 1.Jakarta: Pustaka Amani, 2001.
Al-Zuhailī, Muḥammad, Ibn Kathīr : Al-Hafidz Al-Mufassir.
Daryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya: Apollo, 1998.
Engkoswara, Administrasi Pendidikan .Jakarta:tp, 2010.
Lubis, Mawardi. Evaluasi Pendidikan Nilai, Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN .Yogyakarta: Al-Ruzz Media, 2009.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Cet.2. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012.
Manẓūr, Ibn, LisÄn al-'ArÄb, Cet. 1, jilid 15.Beirut: DÄr al-Sadr, 1990.
Mujib, Muhaimin & Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1998.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet.9. Jakarta: Kalam Mulia Group, 2012.
Shihab, Quraish. Membumikan Al-Quran “Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakatâ€. Bandung, Mizan Pustaka, 2013.
Zubaedi, "Desain Pendidikan Karakter", Cet.2. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012.