FENOMENA PENGGUNAAN HIJAB SYAR’I DI INDONESIA: ANALISIS KONTEKSTUALISASI AYAT JILBAB PERSPEKTIF TEORI PENAFSIRAN ABDULLAH SAEED


Nur Faizin(1*), Moh. Thoriquddin(2), Abul Ma`ali(3), Abdul Basid(4)

(1) Universitas Negeri Malang (UM), Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Malang,  
(3) Universitas Islam Negeri Malang,  
(4) Universitas Negeri Malang (UM),  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pakaian adalah kebutuhan primer sebagaimana tempat tinggal dan makan. Pakaian memiliki banyak makna, sebagai bentuk kesederhanaan, perlindungan, bahkan identitas sosial dan budaya. Perkembangan  pakaian Muslimah di Indonesia sangat pesat dengan berbagai model dan branding. Dekade belakangan ini pakaian jilbab bertambah marak dikenakan para kaum hawa dan mereka menyebut dirinya sebagai jilbabers atau hijabers. Jilbab syar`i juga telah menjadi branding sejumlah produk jilbab dengan model yang lebih panjang. Penelitian ini merupakan upaya reinterpretasi jilbab dalam al-Qur’an menggunakan pendekatan tafsir tematik dengan metode kontekstualisasi menurut Abdullah Saeed yang mencakup empat tahapan (konteks ayat, analisis kritis kebahasaan, penafsiran awal, dan penafsiran kontekstual). Penelitian ini menemukan bahwa ada perbedaan mendasar antara istilah hijab, jilbab, dan khima>r yang belakangan menjadi kabur. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsep jilbab syar`i, cadar, dan hijab yang berkembang di Indonesia sekarang ini merupakan kontekstualisasi dari penafsiran-penafsiran terhadap ayat-ayat jilbab di dalam al-Qur’an pada era generasi awal Islam meskipun dimensi dan motivasi penggunaan dapat berubah, terutama dimensi ekonomi politik yang mewarnai reinterpretasi ayat-ayat tersebut di masa kini.


Keywords


pakaian; al-Qur’an; reinterpretasi; jilbab; hijabers.

References


Abu Zaid, Nashr Hamid. 2001. Mafhûm Al-Nash: Dirâsah Jadâdah Fî`Ulûm Al-Qur’ân. Cairo: Maktabah Usrah.

———. 2004. Dawâir Al-Khauf: Qirah Fî Khithâb Al-Mar`ah. Beirut: Al-Markaz al-Tsaqafi.

Afifah, Farida Nur, and Siswoyo Aris Munandar. 2020. “Konsep Jilbab Masa Klasik-Kontemporer (Studi Komparatif Kitab Tafsir Al-Misbah Dan Kitab Tafsīr Al-Kabīr).” Refleksi 19 (1). https://doi.org/10.15408/ref.v19i1.14369.

Al-Alusiy, Syihabuddin Mahmud. 2000. Rûh Al-Ma`aniy. Egypt: Dar Ilmi al-Arabiy.

Al-Asqalani, Imam Ibnu Hajar. 2015. “Fath Al-Bari Syarh Shahih Al-Bukhari.” In IV, 425. Egypt: Maktabah Taufiqiyyah.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. 1998. Shahih Al-Bukhari. Beirut: Dar Ibn Kathi>r.

Al-Haitsami, Ibnu Hajar. 2002. Al-Zawajir Fi Iqtirâf Al-Kabair. Alexandria: Maktabah Tsaniyah.

Al-Mara>ghi, Ahmad bin MUshthafa. 1990. Tafsir Al-Mara>ghi. Cairo: Maktabah `Arabiyyah.

Al-Qurthubiy, Muhammad bin Ahmad. 2001. Al-Jâmi` Li Ahkâm Al-Qur`ân. Beirut: Dar Kutub al-Ilmiyah.

Al-Ra>zi>, Imam Fakhruddin. 2002. Mafâtîh Al-Ghaib. Cairo: Dar al-Kitab al-Arabi.

Al-Suyu>t}i>, Abdurrahman bin Abi Bakar. 2001. Al-Durr Al-Mantsur Fi At-Tafsîr Bil Ma`tsûr. Cairo: Dar Kutub Al-Arabi.

Al-Thabariy, Imam. 2001. Jâmi Al-Bayân Fî Tafsir Âyat Al-Qur’ân,. Egypt: Dar Ilm.

Al-Tirmidziy, Muhammad bin Isa. 2000. “Al-Jami Al-Shahih Sunan Al-Tirmidziy.” In I, 156. Beirut: Dar Ihya Turats.

Balasescu, Alec. 2017. Muslim Fashion: Contemporary Style Cultures. Journal of Middle East Women’s Studies. Vol. 13. https://doi.org/10.1215/15525864-3861378.

Baulch, Emma, and Alila Pramiyanti. 2018. “Hijabers on Instagram: Using Visual Social Media to Construct the Ideal Muslim Woman.” Social Media and Society 4 (4). https://doi.org/10.1177/2056305118800308.

Beta, Annisa R. 2014. “Hijabers: How Young Urban Muslim Women Redefine Themselves in Indonesia.” International Communication Gazette 76 (4–5): 377–89. https://doi.org/10.1177/1748048514524103.

Bucar, Elizabeth. 2017. Pious Fashion: How Muslim Women Dress. American Journal of Islamic Social Sciences. Vol. 35. USA: Harvard Universiry Press. https://doi.org/10.35632/ajiss.v35i3.486.

Dardum, Abdulloh. 2018. “Contextual Approach Abdullah Saeed Dan Aplikasinya Terhadap Ayat Cadar.” Kaca 8 (2): 85–96.

Daud, Fathonah K. 2018. “Tren Jilbab Syar ’i Dan Polemik Cadar: Mencermati Geliat Keislaman Kontemporer Di Indonesia.” Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars, no. April: 39–53.

Faizin, Nur. 2011. Sepuluh Tema Kontroversial Ulum Al-Qur’an. Kediri: Azharpress.

Fakhruroji, Moch. 2015. “Transformasi Konsep Diri Muslimah Dalam Hijabers Community.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 15 (2): 431. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v15i2.272.

Ibnu Athiyyah, Muhammad. 2003. Al-Muharrar Al-Wajîz Fi Tafsîr Al-Qur’ân Al-Azîz. Beirut: Dar Kutub Ilmiyah.

Ibnu Hambal, Imam Ahmad. 2002. Al-Musnad. Cairo: Dar Hadits.

Ibn Kathi>r, Ismail. 2002. Tafsîr Al-Qur’ân Al-`Adhîm. Saudi Arabiyah: Dar Thaybah li an-Nasyr.

Ibnu Mandhur, Muhammad. 2002. Lisân Al-Arab. Beirut: Dar Shadir.

Ibnu Qutaibah, Abu Muhammad. 2003. Gharîb Al-Qur’ân. Beirut: Dar Kutub Ilmiyah.

Izat, Muhammad Dawazah. 2003. At-Tafsîr Al-Hadîts. Egypt: Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyyah.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. 2019. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),.” 2019.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Jilbab.

Muhith, Nur Faizin. 2004. “Jilbab Dalam Al-Qur’an Dan Jilbab Zaman Sekarang.” Kafemuslimah.Com, 2004. https://www.indojilbab.com/content/42-definisi-jilbab-dalam-al-Qur’an-dan-jilbab-zaman-sekarang.

Ratri, Lintang. 2008. Cadar, Mesjid, Dan Identitas Perempuan Muslim. Jakarta: Kajian Utama.

Redaktur. 2018. “Larangan Memakai Cadar Di UIN: Antara Kebebasan Memilih Dan Ancaman Radikalisme.” Bbc. 2018. https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-43298214.

Saeed, Abdullah. 2005. Interpreting Quran: Towards a Contemporary Approach. USA and Canada: Routledge.

Safitri, Dian Maya. 2010. “What Went Wrong with the Veil? A Comparative Analysis of the Discourse of the Veil in France, Iran, and Indonesia.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 48 (1): 81–100. https://doi.org/10.14421/ajis.2010.481.81-100.

Sah, Redaktur. 2018. “Komnas Perempuan Minta Pengguna Cadar Tak Dicap Teroris.” CNN, July 18, 2018. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180518145734-20-299279/komnas-perempuan-minta-pengguna-cadar-tak-dicap-teroris.

Shihab, M. Quraish. 2003. Jilbab Pakaian Wanita Musliman. Jakarta: Lentera Hati.

Stillman, Yedida Kalfon. 2003. Arab Dress: A Short Story from the Down of Islam to Modern Times. Edited by Norman A. Stillman. Boston: BRILL.

Tantowi, Ali. 2010. “The Quest of Indonesian Muslim Identity: Debates on Veiling from the 1920s to 1940s.” Journal of Indonesian Islam 4 (1): 62–90. https://doi.org/10.15642/JIIS.2010.4.1.62-90.

Tarlo, Emma. 2010. “Hijab Online: The Fashioning of Cyber Islamic Commerce.” Interventions 12 (2): 209–25. https://doi.org/10.1080/1369801X.2010.489695.

Thanthawi, Sayyid. 2005. Al-Tafsîr Al-Wasîth. Egypt: Maktabah al-Azhar.

Umar, Nasaruddin. 2009. “Fenomenologi Jilbab.” http://Masackee.Blogspot.Com/. 2009. http://masackee.blogspot.com/2009/06/fenomenologi-jilbab-oleh-nasaruddin.html.

———. 2014. Ketika Fikih Membela Perempuan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v7i1.18929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Faizin, Moh. Thoriquddin, Abul Ma`ali, Abdul Basid

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.