KELUARGA SAKINAH DALAM TAFSIR AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penafsiran Al-Qurá¹ubi dalam TafsÄ«r Jamī’ LÄ«AḥkÄm Al-Qur’Än dan Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Al-MunÄ«r)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penafsiran ulama klasik dengan ulama kontemporer dalam menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan keluarga sakinah.Sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al-RÅ«m [30]: 21 yang telah lumrah menjadi landasan pondasi keluarga sakinah yang diperintahkan oleh Allah dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Dalam penelitian kualitatif ini dilakukan studi deskriptif-komparatif analitis dengan metode penelitian komparatif (muqarran). Hasil temuan mengungkap bahwa yang dimaksud keluarga sakinah menurut ulama klasik (Al-Qurá¹ubi) dalam kitab Tafsirnya Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an adalah sebuah ikatan pernikahan yang di dalamnya terdapat sebuah ketenangan dan ketentraman dalam rumah tangganya dengan adanya hubungan seksual sehingga menghasilkan sebuah keturunan. Sedangkan ulama kontemporer (Wahbah Zuhaili) dalam kitab tafsirnya Al-Munir yang dimaksud dengan keluarga sakinah adalah ketenangan dan ketentraman dalam rumah tangga yang didalamnya terdapat rasa cinta dan kasih sayang antara suami istri.Dan semua itu terpenuhi pula hak dan kewajibannya antara suami dan istri.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Al-Qur’an Hadi versi. 1.
An-Nu’aimi, Thariq Kamal.Psikologi Suami Istri. Yogyakarta: Mitra Pustaka. 2011.
Bahri, Syamsul. Konsep Keluarga Sakinah menurut Quraisy Shihab.Skripsi Jurusan Tafsir Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2009.
Dahabiy, Muhammad Husain. Al-Tafsir Wal Mufassirun. Jilid 2.Kairo: Darul Hadis. 2005.
Farmawi, Abu al-Hayy. Metode Tafsir Maudhu’I, sebuah pengantar. trj. Rosihon Anwar. Jakarta: RajaGrafido Persada.1994.
Fatimah, Putri Ajeng.Waris Kalalah dalam Pandangan Wahbah al-Zuhaili. Skripsi Jurusan Tafsir Hadits UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, t.t.
Ghofur,Saiful Amin.Profil Para Mufasir al-Qur’an,.Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. 2008.
Iyazi, Al-Sayyid Muhammad Ali.Al-Mufassirun Hayatuhum wa Manhajuhu. Teheran: Wizarah al-Tsaqafah wa al-Irsyad al- Islami. 1212H.
Izzan, Ahmad. MetodologiIlmu Tafsir. Bandung: Tafakur. 2014.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.Tafisr Al-Qur’an Tematik.Jilid 2.Jakarta: Kamil Pustaka. 2014.
Mulyadi, Elie. Membina Rumah Tangga yang Sakinah Mawadah Warrahmah.Jakarta: Gramedia. 2010.
Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir.Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta. 2015.
Mutaqin, Enjen Zaenal. Kepemimpinan laki-laki atas perempuan dalam tafsir al-Qur’an: studi komparatif penafsiran M. Quraish Shihab dan TM. Hasbi Ash-Shiddiqy. Tesis Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2015.
Muttaqin, Muhammad Zaenal. Sihir dalam perspektif Wahbah al-Zuhaili kajian terhadap Tafsir al-Munir. Skripsi Jurusan Tafsir Hadits Universitas Sunan KalijagaYogyakarta., 2014.
Prestiawan, Budy. Menikahi Orang Musyrik Perspektif Al-Jashash dan Al-Qurt}ubiâ€. Skripsi Jurusan Tafsir Hadits UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2014.
Qattan, Manna’ Khallil.Studi Ilmu-Ilmu Qur’an.Jakarta : Litera Antar Nusa. 2008.
Qurthubi, Abi Abdullah Muhammad bin Ahmad Al- Anshari. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 3. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 4. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______.Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 5. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 6. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 9. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______.Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 10. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 13.Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 17. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______.Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 19. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
_______. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Juz 21. Mesir: Dar Al-Ghad Al-Jadid. 2010.
Ritonga, Syauqon Hilali Nur. Konsep Keluarga Sakinah Masyarakat Muslim Pedesaan.Skripsi Jurusan Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015.
Romlah, Siti. Karakteristik Keluarga Sakinah dalam Perspektif Islam dan Pendidikan Umum.Vol. XXV.No. 1. Bandung. 2006.
Ruslan, Studi tentang Penafsiran Al-Qurthuby terhadap Ayat-ayat tentang Nikah Beda Agama dalam Kitab Al-Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an.Skripsi Jurusan Tafsir Hadits UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2009.
Shihab, M. Quraish, Dkk..Sejarah dan ‘Ulum Al-Qur’an.Jakarta: Pustaka Firdaus. 2008.
_______.Kaidah-Kaidah Tafsir.Tangerang: Lentera Hati. 2013.
_______. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 1996.
_______.Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan. 1996.
Sobiroh.Birrul Walidain menurut Muhammad Ali Ashabuni: Studi terhadap Kitab Tafsir Rowa’I Al Bayan. Skripsi Jurusan Tafsir Hadits UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2009.
Subhan, Zainutah.Membina Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Pustaka Pesantren LKIS. 2004.
Syafe’i, Rachmat. Pengantar Ilmu Tafsir. Bandung: Pustaka Setia. 2006.
Zuhaili, Wahbah. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 1.Damaskus: Dar Al-Fikr.. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 2.Damaskus: Dar Al-Fikr.. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 3.Damaskus: Dar Al-Fikr. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 5.Damaskus: Dar Al-Fikr.. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 8.Damaskus: Dar Al-Fikr. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 11.Damaskus: Dar Al-Fikr. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 12.Damaskus: Dar Al-Fikr. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 13 .Damaskus: Dar Al-Fikr. 2005.
_______. Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fi al-‘AqÄ«dat wa al-Syarī’at wa al-ManhÄj. Jilid 14. Juz 29 & 30.Damaskus: Dar al-Fikr. 2005.
_______.TafsÄ«r al WasÄ«; Muqaddimah TafsÄ«r al-WasÄ«. Damsik: DÄr al-Fikr. 2000.