AMTSAL AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NILAI

Main Article Content

Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani

Abstract

Perumpamaan (Amtsal) salah satu gaya bahasa yang digunakan al-Qur’an untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam Al-Qur’an. Kajian ini selalu menarik karena banyak yang mengkajinya dalam berbagai prespektif, namun demikian  belum ditemukan amtsal dibaca dengan perspektif pendidikan nilai. Melalui metode analisis isi, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan simbol-simbol yang dijadikan alat perumpamaan atau yang diserupakan (musyabbah) dalam amtsal Al-Qur’an bersifat universal.  Ia mampu dimengerti, dipahami dan disepakati oleh setiap orang, baik konkret maupun abstrak. Ada tiga model pendidikan nilai yang ditemukan dalam amtsal Al-Qur;an, Pertama,  teknik mengungkap nilai melalui perumpamaan (amtsal), nilai-nilai abstrak yang sulit dipahami menjadi nilai-nilai konkrit yang dapat divisualisasikan dalam bentuk prilaku. Kedua, model analis nilai; penggunaan alat yang diserupakan (musyabbah) menjadi instrumen untuk menganalisis nilai, agar nilai itu terungkap, selanjutnya menimbulkan kesadaran untuk mengetahui baik buruk dan benar sakah. Ketiga, model pengembangan kognitif, melalui amtsal Al-Qur’an pengetahuan tentang nilai terus berkembang menjadi kesadaran untuk betindak.  Secara tidak langsung amtsal Al-Qur’an mengajarkan untuk menggunakan simbol-simbol universal dalam  menyampaikan pesan terutama dalam bentuk perumpamaan. Ini penting agar mudah dalam mengungkap nilai, menganalisis dan dijadikan landasan untuk bertindak.

Article Details

How to Cite
Khaerani, I. F. S. R. (2022). AMTSAL AL-QUR’AN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NILAI. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 7(2). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v7i2.25062
Section
Articles
Author Biography

Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani, (Scopus ID: 57213518885) UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Scopus ID: 57213518885

References

‘Askari, H. (n.d.). Jamharatul Amsal. Dar al-Jil.

A, H. (2013). Teori Pengetahuan Edmund Husserl. Jurnal Substantia, 15(2).

Abu Bakar Muhammad ibn al-Thayyib al-Baqillani. (n.d.). I’jaz al-Qur’an. Cairo: al-Mathba’a alSalafia.

Al-Ba>qi>, M. F. ‘Abd. (n.d.). Al-Mu’jam Al-Mufahras.

Al-Iskandary, A. dan M. A. (1916). Al-Wasith fi alAdab al-Araby wa Tarikhuhu. Mesir: Dar al-Ma’arif.

Al-Maidani, A. bin M. bin A. bin I. (1987). Majma’ al-Amtsal (3rd ed.). Dar al-Jil.

Al-Maraghi>, A. I. M. (n.d.). Tafsi>r al-Maraghi (28th ed.). Mesir: Sharikah al-Maktabah.

Al-Maraghi, A. M. (n.d.). Tafsir al-Maraghi (1st ed.). Mesir: Syirkah Maktabah alBabi al-Halabi wa awladuh.

Al-Mursyidi, Muhammad Ahmad, D. (n.d.). Al-Adab wa Al-Nusus wa Al-Balaghah. Mesir: Dar al-Ma’ari.

Al-Qattan, M. (n.d.). Mabahits Fi ’Ulumil Qur’an. al-Qahirah: Maktabah Wahbah.

Al-Qattan, M. K. (1996). Studi-studi Islam Al -Qur’an. Bogor: Pustaka Litera.

Al-Suyu>t{i, J. M. ibn A. al-M. dan J. al-D. ‘Abdurrahman ibn A. B. (n.d.). Tafsi>r Jala>lain. Al-Qahirah: Da>r al-Hadi>th.

Al-Zarkasyî, B. al-D. M., & Allah, ibn ’Abd. (n.d.). Al-Burhân fî ’Ulûm al-Qur`ân. Dâr al- Fikr.

Al-ZuḥailÄ«, W. (1998). Al-TafsÄ«r al-MunÄ«r fÄ« al- ‘AqÄ«dah wa al-Sharī’ah wa al-Manhaj. Damaskus: DÄr al-Fikr.

As-Suyuthi, I. J. (n.d.). Al-Itqân fi ‘Ulûm Al-Qur’ân (5th ed.). Saudi Arabia: Mujamma’ Al-Malik Al-Fahd.

Ash-Shiddieqy, M. H. (1991). Sejarah dan Pengantar Ilmu hadits (10th ed.). Bandung: Bulan Bintang.

Chirzin, M. (2004). Khasha ‘is al-Amtsal fil Qur’an wa Aghradhuha wal-Maudhu’at allati ‘Alajatha. Al-Jami’ah, UIN Sunan Kalijaga, Edisi Al-Jami’ah Journal of Islamic Stude, 42(2).

Esack, F. (1993). Quranic Hermeneutics : Problem and Prospects Muslim World.

Faqih, A. K. (2005). NÅ«r al-Qur’Än (1st ed.; A. Muhammad, ed.). Jakarta: Al Huda.

Farukh, U. (1981). Tarikh al-Adabi al-‘Arabi. Beirut: Dar al-‘Ilm lil Malayin.

Hamid, S. (2002). Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Inti media Cipta Nusantara.

Hendri, Y. (n.d.). Mutiara Tamsil Dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Biruni Press.

Iryani, E. (2017). al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3).

KhaldÅ«n, A. al-R. ibn. (n.d.). Muqaddimah. Beirut: DÄr IḥyÄ’ al-TurÄts al- ‘ArabÄ«.

Khalid, H. M. R. (2011). Perumpamaan-perumpamaan dalam Al-Qur’an (Amsal Al-Qur’an). Jurnal Adabiyyah, 1(42).

Kustono, A. H. (2013). Nabi dan Mukjizat. Jurnal Orientasi Baru, 22(2).

Makmun-Abha, M. (2011). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Alafkar, 2(2).

Mandzur, I. (1991). Lisan Al-’Arabiyya. al-Qahirah: Dar al-Ma’arif.

Ridho, A. R. (2018). Rahasia Ayat-Ayat Amtsal Tentang Kehidupan Dunia Dalam Al-Qur’an. El-’Umdah, 1(2), 168–197.

Setiyadi, A. C. (2016). Dialek Bahasa ArabTinjauan Dialektologis. Jurnal At-Ta’dib, V, 6(1).

Shihab, M. Q. (1998). Mukjizat Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah (5th ed.). Jakarta: lentera hati.

Subhâni, J. (2007). Wisata Al-Qur’an, diterjemahkan dari Al-Amtsâl fi Al-Qur’ân. Jakarta: Al-Huda.

Syadili, A. (1997). Ulumul Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.

Tabrani. (2019). Metode Amtsal Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dalam Mata Pelajaran Pai. UIN Suska Riau.

Tidjani, A. (2014). Klarifikasi al-Darwîsh atas Pandangan Orientalis tentang Kontradiksi Ayat al-Qur’an dengan Kaidah Nahw. Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 4(1).

Yunus, M. (1972). Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzuriyyah.

Zayd, N. ḤÄmid A. (1993). MafhÅ«m al-Naṣṣ DirÄsah fÄ« ‘ UlÅ«m al-Qur`Än. Kairo: al-Hay’ah al-Miá¹£rÄ«yah al-‘Āmmah lil-Kutb.