RATU SEMUT (NAMLAH) DALAM AL-QUR'AN: ANALISIS TAFSIR ATAS REPRESENTASI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN


Yulianti Muthmainnah(1*)

(1) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Al-Qur’an menceritakan banyak kisah binatang, salah satunya semut, sebagaimana termuat dalam QS. al-Naml ayat 18-19 dengan kalimat qālat namlatun (قَالَتْ نَمْلَةٌ). Dalam ilmu nahwu, kata qālat (قَالَتْ) dikenal sebagai ḍamīr mufrad mu’annath, merujuk jenis kelamin perempuan, betina. Demikian pula kata namlatun (نَمْلَةٌ), artinya semut betina, dengan tā’ marbūṭah. Merujuk myrmecology, semut merupakan hewan unik, spesies yang sangat beragam, dan dipimpin seekor semut betina, ratu. Tergabung dalam Ordo Hymenoptera, lama hidup sang ratu ada yang mencapai 30 tahun, terlama dari umur semut lainnya yang rata-rata 1-4 minggu.Penelitian ini mengkaji kalimat qālat namlatun (قَالَتْ نَمْلَةٌ) dan kata qālat menurut beberapa mufassir seperti Fakhruddin al-Rāzī, Ibnu Katsīr, al-Ṭabarī, al-Qurṭubī, dan Jalālain. Dalam terjemahan tafsir atau Al-Qur’an di Indonesia, kata namlatun tidak diartikan ratu semut. Tujuan penelitian membandingkan atau studi komparatif lima kitab tafsir, perspektif sains, dan nilai-nilai kepemimpinan semut yang menunjukkan kepemimpinan perempuan. Pertanyaan penelitian apakah kelima tafsir asli (bukan terjemahan) menyebutkan ratu semut atau tidak? Penelitian ini adalah kualitatif (kajian pustaka). Teorinya evaluatif-rekonstruktif dan hermeneutika-negosiatif menuntun kemungkinan alasan ada atau tidaknya penyebutan ratu semut dalam tafsir.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsir karya Fakhruddin al-Rāzī, Ibnu Katsīr, dan Jalāluddīn al-Maḥallī menyebut namlatun (نَمْلَةٌ) sebagai ratu semut. Sedangkan al-Ṭabarī dan al-Qurṭubī tidak. Penelitian ini memberikan informasi, sains membuktikan kebenaran Al-Qur’an 14 abad lalu, semut dipimpin seekor ratu. Rekomendasi yakni mengkaji produk tafsir secara komparatif agar dapat memahami makna ayat Al-Qur’an secara komprehensif. Temuan ini bermanfaat mendorong perubahan terjemahan tafsir atau terjemahan Al-Qur’an agar benar-benar sesuai dengan kata atau kalimat asli dalam Al-Qur’an.

Keywords


tafsir ratu semut, kepemimpinan ratu semut.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya. (1971). Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir al-Qur’ān, Jakarta: Departemen Agama RI Depag RI.

Al-Qur’an dan Terjemahannya; Al-Majid dan Tajwid Warna (Terjemahan dan Tajwid Warna Standar Kementerian Agama RI). (2014). Jakarta: Beras.

Abdurrohman, Asep. (2018). Metodologi Al-Thabari. Jurnal Kordinat: Tafsir Jami’ul Al-Bayan Fi Ta’wili Al-Qur’an. 1(1), 69.

Adz Dzahabi, Muhammad Husain. (2015). Tafsir Wal-Mufassirun Terjemah Muhammad Sofyan. Medan: Penerbit Perdana Mulya Sarana.

Al-Mahalli, Jalaluddin dan as-Syuyuthi, Jalaluddin. (2012). Tafsir al-Jalalain, Mesir: Maktabah al-Syarq al-Dawlah.

Al-Mahalli, Jalaluddin. dan al-Suyuti, Jalaluddin. T.th. Tafsir al-Qur'an al-'Adzim. Dar Ihya' al-Kutub al-'Arabiyah.

Al-Munawar, Said Agil Husin. (2002). Al-Qur’an: Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers.

Al-Qathan, Syaikh Manna’ Khalil. (2006). Fi Ulūmul Qur’an, Terj. Aunur Rafiq El-Mazni, Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, Pustaka: Al-Kautsar, Jakarta.

Al-Qurthubi. (2002). Tafsir Al-Jami li Ahkam Al-Qur’ān. Kairo: Dar al-Hadits.

Al-Razi, Fakhruddin. (t.thn). Tafsir Mafatihul Ghaib.

Al-Thabari. (1999). Tafsir Jami’ al-Bayan fi Ta'wil Al-Qur’ān. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, Jilid 9.

Anwar, Rosihon. (1999). Melacak Unsur-Unsur Israiliyat dalam Tafsir al-Tabari dan Tafsir Ibn Kasir. Bandung: Pustaka Setia.

Aziz, Dahlan Abdul., Taufiq, Abdullah., Muarif, Ambari Hasan. (2001). Ensiklopedi Islam. Cet.VII Jakarta: PT. Ichtiar Baru.

Bahren, Rina Susanti Abidin, dan Mokodenseho, Sabil. (2023). Metode dan Corak Penafsiran Ath-Thabari Mushaf. Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis, 3(1). https://mushafjournal.com/index.php/mj/article/download/126/7

Besharati, Mohammad Reza dan Rouhani, Mohammad Hasan. ‘The Religious-Folklore Story of Talking Ant and Solomon: Its Roots in Natural Behaviors of Ant Colonies’, Tehran, Iran: Sharif University of Technology. https://osf.io/3qr8v/download diakses 17 Mei 2024.

Bisri, Hasan. (2020). Model Penafsiran Hukum Ibnu Katsir. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/31213/1/Buku%20Model%20Penafsiran%20Hukum%20Ibnu%20Katsir.pdf

Bougrine, S. Ouchraa, S. B. Ahiod, A. A. El Imrani,. (2014). Ant System with Acoustic Communication. World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Computer, Information Science and Engineering. 8(4). https://www.researchgate.net/publication/318088344_Ant_System_with_Acoustic_Communication

Batliwala Srilatha. (2010). Feminist Leadership for Social Transformation: Clearing the Conceptual World.

Darma, Rajid Dieldi. (2022). Semut dalam Kajian Penafsiran Al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim dan Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI). Skripsi UIN Raden Intan Bandar Lampung, http://repository.radenintan.ac.id/20152/

Deuraseh, Nurdeng. (2008). Risalat Al-Biruni Fi Fihrist Kutub Al-Razi: A Comprehensive Bibliography. Afkar: Journal of Aqidah and Islamic Thought. 9(1). https://ejournal.um.edu.my/index.php/afkar/article/view/5872/3596

Durant, Charlie dan Hammond, Rob. (2018). Antibiotic resistance fight could get a little help from ants. [Februari, 8]. https://theconversation.com/antibiotic-resistance-fight-could-get-a-little-help-from-ants-91412

El-Fadl, Khaled Abou. (2014). Speaking in God’s Name; Islamic Law, Authority, and Women. London: Neworld Publication.

Fahd bin Abdurrahman ar Rumi. (1997). Dirasat fi ‘Ulum al-Qur’an, Terj. Amirul Hasan dan Muhammad Halabi. Ulumul Qur’an Studi Kompleksitas al-Qur’an, Yogyakarta: Titian Ilahi Pres.

Farid, Syaikh Ahmad. (2008). 60 Biografi Ulama Salaf. Terj. Masturi Irham. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Ghofur, Saiful Amin. (2008). Profil Para Mufasir Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Gerzema, John dan D’Antonio. (2013). Michael. The Athena Doctrine: How Women (and the Men Who Think Like Them) Will Rule the Future.

Haji Kashf al-Ẓunūn. (1994). An Asāmi al-Kutub wa al-Funūn. Beirut: Dār al-Fikr.

Hakim, Lukmanul dan Putra, Afriadi. (2022). Signifikansi Makkiyah Madaniyah dan Implikasinya terhadap Penafsiran Al-Qur’an, Jurnal Rusydiah 3(1), 95-113.

Hanna, Lisa dan Abouheif, Ehab. (2021). Chapter Nine - The origin of wing polyphenism in ants: An eco-evo-devo perspective. Current Topics in Developmental Biology Journal. Vol.141. Hal. 279-336. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S007021532030137X

Haq, Muhammad Rizqi Manarul. (2021). Serangga dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Ilmi. Skripsi PTIQ Jakarta. http://repository.radenintan.ac.id/20152/

Hickling, Robert. dan Richard L. Brown. (2000). Analysis of Acoustic Communication by Ants. The Journal of the Acoustical Society of America. 108(4), 1920-1929. https://www.antwiki.org/wiki/images/9/9d/Hickling%2C_R.%2C_Brown%2C_R.L._2000._Analysis_of_acoustic_communication_by_ants.pdf

Ilyas, Hamim. (2004). Studi Kitab Tafsir Klasik. Yogyakarta: Teras.

Irham Falahudin. (2012). Peranan Semut Rangrang (Oecophylla smaragdina) Dalam Pengendalian Biologis Pada Perkebunan Kelapa sawit. Makalah AICIS, 2012. Hal.2604-2618. https://core.ac.uk/download/pdf/34212415.pdf

Katsîr, Ibnu. (2006). Tafsir Al-Qur’an al-Adzim, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Katsir, Ibnu. (2004). al-Bidayah wa al-Nihayah. Terj. Abu Ihsan al-Atsari. Jakarta: Darul Haq. Cet ke-1.

Katsir, Ibnu. (2006). Tafsir al-Qur’an al-Adzim. Beirut: Dar al-Kutub al-IImiyah.

Khudari Bik. (t.rhn). Tarikh Al-Tasyri. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, n.d. h.249.

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’ān, Lajnah Kemenag.go.id, Seri Penamaan Surah al-Qur’ān: al-Naml 18, https://lajnah.kemenag.go.id/artikel/seri-penamaan-surah-al-qur-an-al-Naml-27, diakses 17 Mei 2024.

Ma’arif, Cholid. (2020). Aspek Ushul Fiqih dalam Tafsir Al Qurthubi: Studi Analisis QS. an-Nur:31’. Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Pemikiran Islam. 1(1).

Madani, A. Malik. (1988). Tafsir Ibnu Katsir: Bayangan Ibnu Taimiyah dalam Tradisi Santri. Dalam Pasentren. N2(V).hlm.86.

Mahmud, Mani Abd Halim. (2006). Manhaj al-Mufassirin, Terj. Syahdianor dan Faisal Saleh, Metodologi Tafsir Kajian Komprehensif Metode Para Ahli Tafsir, PT Raja Grafindo Persada.

Maulana, Muhammad Dimas. (2018). https://iiq-annur.ac.id/sekilas-tentang-tafsir-al-thabari/

Mustofa, Imron. (2017). Sejarah Hidup Para Penyambung Lidah Nabi. Yogyakarta: Laksana.

Muthmainnah, Yulianti. (2014). Merayakan Kurban dengan Perspektif Perempuan. Jurnalperempuan.org [02/10/2014]. https://www.jurnalperempuan.org/wacana-feminis/merayakan-kurban-dengan-perspektif-perempuan.

Muthmainnah, Yulianti. (2019). Merayakan Isra Mikraj dengan Perspektif Perempuan. Media Indonesia [04/04/2019] https://mediaindonesia.com/opini/227361/merayakan-isra-mikraj-dengan-perspektif-perempuan

Muthmainnah, Yulianti. (2020). Memaknai Idul Adha dengan Perspektif Perempuan. Mubadalah.id [27/07/2020]. https://mubadalah.id/memaknai-idul-adha-dengan-perspektif-perempuan/

Muthmainnah, Yulianti. (2023). Media Indonesia [28/06/2023] https://mediaindonesia.com/opini/592975/perjuangan-perempuan-dalam-sejarah-kurban

Penick, Clint A. Omar Halawani, Bria Pearson, Stephanie Mathews, Margarita M. López-Uribe, Robert R. Dunn, Adrian A. Smith. (2018). External immunity in ant societies: sociality and colony size do not predict investment in antimicrobials. The Royal Society Publishing. 5(1).hlm1-8. https://royalsocietypublishing.org/doi/epdf/10.1098/rsos.171332

Purwanto, Agus. (2015). Nalar Ayat-ayat Semesta: Menjadikan Al-Qur’an sebagai Basis Konstruksi Ilmu Pengetahuan. Bandung: Mizan, Edisi 2..

Putra, Ichsan Luqmana Indra., Haris Setiawan, Novilia Suprihatini. (2021). Keanekaragaman Jenis Semut (Hymenoptera: Formicidae) di Sekitar Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta. Jurnal Biospecies. 14(2). 20-30. https://online-journal.unja.ac.id/biospecies/article/view/12905.

Quthb, Sayyid. (2004). Tafsir fii Zilalil Qur’an, Terj. As’ad Yasin, dkk, Jakarta: Gema Insani, hal.394

Rahmat, Ali Fitriana. (2020). Menimbang Teori Kronologi Al-Qur’an Sir William Muir dan Hubbert Grimme, Jurnal al-Fanar. 3(1).

Rifaldi, Muhammad dan Hadi, Muhammad Sofian. (2021). Meninjau Tafsir Al-Jami’ Li Ahkami Al-Qur’an Karya Imam Al-Qurthubi: Manhaj dan Rasionalitas. Jurnal Iman dan Spiritualitas 1(1). Hal.92-100.

Ruslan, Mohammad. (2022). Keberadaan Semut; Mu’jizat Saintis Al-Qur’an (Studi Tafsir Sains Surah Al-Naml Ayat 18-19). Mozaic: Islamic Studies Journal. 1(2). https://jurnalpasca.uinkhas.ac.id/index.php/mozaic/issue/archive

Sala, Marco. Luca Pietro Casacci, Emilio Balletto, Simona Bonelli, Francesca Barbero. (2014) Variation in Butterfly Larval Acoustics as a Strategy to Infiltrate and Exploit Host Ant Colony Resources. 9(4). Hal.1-9. https://www.researchgate.net/publication/261520516_Variation_in_Butterfly_Larval_Acoustics_as_a_Strategy_to_Infiltrate_and_Exploit_Host_Ant_Colony_Resources [accessed May 24 2024].

Samsurrahman. (2014). Pengantar Ilmu Tafsir., Jakarta; Amzah.

Schulz, Katja. (2019). Six Amazing Facts You Need To Know About Ants. Theconversation.com, 20 Juni 2019. https://theconversation.com/six-amazing-facts-you-need-to-know-about-ants-100478

Schönrogge, K., Francesca Barbero, L. P. Casacci, J. Settele, and J. A. Thomas. (2017): Acoustic Communication within Ant Societies and its Mimicry by Mutualistic and Socially Parasitic Myrmecophiles. Animal Behaviour 134. Hal.249-256.

Setiawan, Wawan. (2022). Dunia Hewan: Semut Tentara Tertua Ini Ungkap Predator Penyerbu Eropa. Nationalgeographic, 29 November 2022. https://nationalgeographic.grid.id/read/133588207/dunia-hewan-semut-tentara-tertua-ini-ungkap-predator-penyerbu-eropa?page=all

Shihab, Quraish, (2021). Kaidah Tafsir, Tangerang: Lentera Hati.

Sholeh, Mohammad Jufriyadi (2018). Tafsir Al-Qurtubi: Metodologi, Kelebihan dan Kekurangannya. Jurnal Reflektika, 13(1). Hal.49-66. https://ejournal.unia.ac.id/index.php/reflektika/article/download/173/92

Sosiak, Christine E, Marek L. Borowiec, dan Phillip Barden. (2022). An Eocene Army Ant. The Royal Society: Bilogy Letters. https://royalsocietypublishing.org/doi/pdf/10.1098/rsbl.2022.0398

Suherman, Eman dan Katsirin, Khairul. (2023). Corak dan Pemikiran at-Thabari dalam Jami’ul Bayan ‘an Ta’wilil Qur’an. Jurnal Aksioreligia: Jurnal Studi Keislaman. 1(1). https://glorespublication.org/index.php/aksioreligia/article/view/73

Sunatullah. Mengenal Imam Fakhruddin Ar-Razi: Penulis Tafsir Induk Mafatihul Ghaib Asal Kota Ray Iran. NU Online, Jum’at, 22 Maret 2024, https://nu.or.id/tokoh/mengenal-imam-fakhruddin-ar-razi-penulis-tafsir-induk-mafatihul-ghaib-asal-kota-ray-iran-jb4Yp diakses 15 Mei 2024.

Syafrudin, Pardan. (Ed). (2009). Imam Qurthubi Al-Andalusi, At-Tidzkar fi Afdhali Al-Adzkar’. Jakarta: PT. Lentera Abadi. Jilid.I, xviii

Syakir, Ahmad Muhammad. 'Umdatut Tafsir ‘anil Hafiz Ibni Katsir, [Maktabah Darul Wafa], hal.23.

Syakur, Wahyudi, ‘Biografi Ulama Pengarang Kitab Salaf’, Jombang: Dar al-Hikmah, 2008, hal.75.

Tajuddin, Muhammad. (2022). Penafsiran Al-Qurthubi Terhadap Kesucian Nabi Muhammad, Jurnal Ushuluddin. 2(4).

Terjemahan Tafsir al-Thabari, Tafsir ke-19. Link: https://archive.org/details/tafsir-1_202201/Tafsir%2019/page/800/mode/2up?view=theater

Ulinnuha, Muhammad. (2023). Mendiskusikan Konstruksi Kritik Tafsir; Sejarah, Bentuk, Landasan Hukum, Prinsip dan Parameternya. Jurnal Al Fanar. 6(1). hlm.83-106

Ulinnuha, Muhammad. (2015). Rekonstruksi Metodologi Kritik Tafsir”, Jakarta: Azzamedia, hal.44.

Yahya, Harun. (2204). Al-Qur’an dan Sains. Bandung: Dzikra, 2004.

Link lainnya

https://theconversation.com/id/topics/semut-72780

https://www.youtube.com/watch?v=T8aAu2dUg2w

https://anyflip.com/bumv/nzsc/basic

https://www.youtube.com/watch?v=NGUf8Ubw018




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v9i2.35188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulianti Muthmainnah

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.