KEEFEKTIFAN PROGRAM LITERASI ALQURAN DI SEKOLAH-SEKOLAH SWASTA NON-AGAMA DALAM KERANGKA PENGUATAN KARAKTER (KAJIAN DI JAWA BARAT)
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter dapat dimulai dengan literasi Alquran. Sangat tepat apabila dibangun suatu penelitian yang berdasarkan pada fakta di lapangan, yaitu di sekolah-sekolah non-agama di Jawa Barat secara kualitatif, bagaimana kondisi karakter para siswa yang mengikuti pengajian Alquran di Sekolah-sekolah Swasta Non-Agama di Jawa Barat dan mengetahui karakter pada siswa yang mengikuti pengajian Alquran di Sekolah-sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi karakter para siswa yang mengikuti pengajian Alquran di Sekolah-sekolah Swasta Non-Agama di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam (deep-interview). Hasil penelitian literasi di sekolah-sekolah non agama d Jawa Barat berupa; pertama, Metode membaca Alquran siswa yang mengikuti Pengajian Al-Qur’an sudah sesuai dengan Syariat yang ditentukan, yaitu: 1) Mengikuti adab akhlaqiah membaca Alquran, diantaranya: a) Berwudhu sebelum membaca Alquran, b) Membaca ta’awudz ketika hendak membaca Alquran, c) Membaca Alquran dengan tartil, dan d) Berusaha semampunya untuk memahami ayat yang dibaca. 2) Mengikuti adab batiniah membaca Alquran, diantaranya: a) Memahami arti ayat yang dibaca, b) Akhlak ketika membaca Alquran, c) Hati yang mengagungkan Allah SWT, d) Hati yang menjungjung tinggi Alquran, e) Merasakan bahwa Allah sedang berbicara. Kedua, Kondisi karakter siswa putra di Sekolah Menengah Non-Agama di Jawa Barat yang mengikuti Pengajian Al-Qur’an secara bathiniah berada pada tingkat muthmainnah dan secara lahiriah berada pada kondisi karakter yang adaptif, komunikatif dan sosial. Ketiga, Peran membaca Alquran terhadap penguatan karakter siswa yang mengikuti Pengajian Al-Qur’an sangat besar dan memberikan dampak positif terhadap kondisi karakter siswa.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Asep S Muhtadi, dan Agus Ahmad Safei. Al-Qur’an Kitab Kehidupan. Vol. 1. Bandung: LPTQ ProvinsiJawa Barat, 2004.
Fatihuddin Abul Yasin. Terapi Pengobatan Penyakit Hati.
Surabaya: Terbit Terang, 2002.
Fuji Pratiwi. “Literasi Alquran Siswa SMA Belum Menggembirakan.†Republika, 5 Desember 2016. www.republika.co.id.
Hamdani Bakran Adz-Dzaky. Konseling dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2001.
Kirsch, I.S. “Adult reading practices for work and leisure.†Adult Education Quarterly 34 (1984): 213–232.
Matsuura Koichiro. “Intangible Cultural Heritage was incorporated to Balence The Euro- centrism,†t.t.
Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandhalawi. Fadhail Amal. Bandung: Pustaka Ramadhan, 2001.
M.Bamberger. Integrating Quantitative and Qualitative Research in Devlopment Project. Wasington DC: Directions in Devlopment, 2000.
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya, 1998.
Nur Subhan. Energi Ilahi Tilawah. Jakarta: Republika, 2012.
S.Nasution. Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar–mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1982.
Yudi. pendidikan anak-anak di Desa Sukamaju, 10 Juni 2018. Desa Sukamaju-Kabupaten Cianjur.
Yusuf al-Qardhawi. Berinteraksi dengan al- Qur’an. Diterjemahkan oleh Abbdul Hayyie al-Kattan. 1 ed. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.