KONSEPSI MAKNA HARI KIAMAT DALAM TAFSIR ALQURAN

Main Article Content

abdul Qasim
Tajudin Nur
T. Fuad Wahab
Wahya Wahya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas konsepsi makna hari kiamat dalam Alquran. Pada artikel ini konsepsi makna hari kiamat dibahas melalui pendekatan semantik kognitif. Melalui pendekatan semantik kognitif konsepsi makna metafora yang digunakan untuk mendeskripsikan hari kiamat di dalam Alquran dirumuskan dengan memetakan makna hasil proses pemetaan ranah sumber (Su) ke ranah sasaran (Sr). Untuk menunjukkan dan membandingkan referen yang terdapat dalam ranah sumber dan ranah sasaran metafora hari kiamat yang dianalisis digunakan teknik refrensial. Dari pemetaan (Su) ke (Sr) pada ungkapan-ungkapan metaforis yang menunjukkan hari kiamat dalam Alquran dihasilkan konsepsi makna keadaan, waktu, gerakan, dan perubahan.. Konsepsi makna yang dihasilkan dari metafora hari kiamat tersebut bertujuan untuk menjelaskan konsep hari kiamat yang abstrak

Article Details

How to Cite
Qasim, abdul, Nur, T., Wahab, T. F., & Wahya, W. (2019). KONSEPSI MAKNA HARI KIAMAT DALAM TAFSIR ALQURAN. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3817
Section
Articles

References

Al-ali, Ali., El-Sharif, Ahmad&Alzyoud, Mohamad Sayel. “The Functions And Linguistic Analysis Of Metaphor In The Holy Qur’anâ€, European Scientific Journal, Vol. 12, No 14, 2016. 164-174.

Amaliyah, Efa Ida. Pesan Moral Kiamat Presfektif Alquran. Heurmenetik. Vol. 7. No. 2, 2013,297-314.

Alasyqary, Umar Sulaiman. Al-Qiyamah Al-Kubra. Kuwait: Dar An-Nafais, 1990.

Arimi, Sailal. Linguistilk Kognitif. Yogyakarta: A. Com. Press, 2015.

Atoh, Nazri., Arifin. Zamri.Penggunaan Tashbih Dalam Gambaran Hari Kiamat

Dalam Surah Al-Qari‘ah. Al-Hikmah: Journal of Islamic Dakwah. Vol 5. No 3. 2016. 153-169.

Djajasudarma, T. Fatimah. Semantik 1. Bandung: Refika Aditamu, 2012.

Hadiyanto, Andy., Khumairoh Umi. Makna Simbolik Ayat-Ayat tentang Kiamat dan Kebangkitan dalam Alquran. Hayula:Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 2, No.2, Juli 2018, 187-212.

Katsir, Ibnu. Tafsir Ibn Katsir. Libanon: Daar Alkutub, 2012.

Kementrian Agama RI. Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: KEMENAG, 2012.

Konwles, Murray and Rosamund Moon. Indtroducing Metaphor. London and New York: Routledge, 2006.

Kovesces, Zoltan. Metaphor. A Pratical Introducttion. New York: Oxpord University Press, 2010.

Lakoff, George and Mark Jhonson. Methaphors We Live By. Chicago: The University of Chicago Press, 1980.

Mahliastussikah, Hanik. Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan dalam Ayat-Ayat Alquran tentang Kiamat. Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 32, No. 2, 2004. 175-189.

Prayuda. Linguistik Kognitif. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia, 2015.

Saeed, Jhon. I. Semantics. Oxford: Blackwell Publisher Ltd. 2002

Sardaraz, Khan dan Roslan bin Ali, “Conceptualisation Of Death An Resurrection In The Holy Quran: A Cognitive-Semantic Approachâ€, Journal Of Nusantara Studiees, Vol 1(2) 11-24, 2016.

Wiradharma, Gunawan., Tharik Ws., Afdol. Metafora dalam Lirik Dangdut Kajian Semantik Kognitif. Jurnal Arkhais Vol. 07 No 1 2016, 2-14.