SIMBOLISASI WAQF DAN IBTIDĀ’ PADA MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR’AN ABAD 19 DI SURAKARTA : KAJIAN ATAS NASKAH SAYYID IBRĀHĪM BIN ‘ABDULLĀH AL-JUFRĪ


Muhamad Khabib Imdad(1), Ecep Ismail(2*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini mengkaji salah satu manuskrip mushaf al-Qur’an yang tersimpan di Masjid Agung Keraton Surakarta , yakni salinan Sayyid Ibrahim bin ‘Abdullah al-Jufri. Naskah tersebut memiliki banyak hal eksentrik yang sangat menarik untuk dikaji lebih jauh. Salah satu yang kemudian menjadi kajian dalam tulisan ini adalah berkaitan dengan aspek waqf dan ibtidā’ dengan simbol yang berbeda dengan mushaf-mushaf yang beredar dan menjadi bacaan masyarakat di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode kajian kepustakaan (library research) yakni melakukan pengkajian literatur baik dengan membaca, menelaah, atau menganalisis berbagai sumber. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan digitalisasi. Sementara analisis data yang dipakai adalah dengan metode deskriptif-analitif, yakni mendeskripsikan data yang berkaitan dengan objek kajian, hasilnya kemudian dianalisis secara kritis. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode filologi, yakni metode edisi naskah tunggal. Sumber primer penelitian ini adalah manuskip mushaf al-Qur’an Tuan Sayyid Ibrāhīm al-Jufri, sementara sumber sekunder diambil dari data literatur yang relevan dengan tema penelitian. Berdasarkan hasil pengkajian, diketahui bahwa manuskrip mushaf al-Qur’an Sayyid Ibrahim al-Jufri ini menerapkan simbolisasi waqf dan ibtidā’ dengan lima model, yakni " تــــ" (waqf tām), “ ک ” (waqf kāfīy), “ح” (waqf hasan), "لازم" (waqf lazim), dan “" نبوي (waqf Nabawiy).

References


‘Abdullah ‘Ali al-Maymuni. (n.d.). Faṣl al-Waqf wa al-Ibtidȃ’ wa Ḥukm al-Waqf ‘alȃ Ru’ȗs al-Âyȃt,. al-Maktabah al-Syamilah.

’Usman, H. S. (1994). Haq At-Tilawah. Makkah: Dar al-Manarah li an-Nasyr wa at-Tauzi’.

’Utsman, H. S. (n.d.). Haq al-Tilawah. Makkah: Dar al-Munawwarah li al-Natsr wa al-Tauzi’.

Al-Anṣārīy, Z. (n.d.). al-Maqṣid Litalkhīṣ Mā fī al-Murshid. Singapura-Jeddah-Indonesia: Al-Haramain.

Al-Asymuni, A. bin M. bin ’Abd al-K. (2002). Manar al- Huda fi Bayan al-Waqf wa al-Ibtidā’ . Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiah.

Al-Jazāri, M. bin M. (2004). An-Nasyr fī Qirā’āt Al-’Asyr. Makkah: Mamlakah 'Arabiyah as-Su’udiyah.

Al-Marshafiy, ‘Abd al-Fattāḥ al-Sayyid ‘Ajamīy. (n.d.). Hidayah al-Qārī ilā Kalām al-Bārīy. Saudi Arabia.

Anshori, M. (2018). Tren-Tren Wacana Studi Al-Qur’an dalam Pandangan Orientalis di Barat. Nun, 4(1), 13–44.

Aṭ-Ṭawīl, A. ibn A. (1999). Fann at-Tartīl wa ‘Ulūmuh. Madinah: Mujamma’ al-Malik.

Az-Zarkashīy, M. ibn ‘Abdullah. (2006). al-Burhān fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Kairo: Dār al-Ḥadīth.

Eldeeb, I. (2009). Be a Living Quran: Petunjuk Penerapan Ayat-ayat Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-hari (Salim, Ed.). Tangerang: Lentera Hati.

Fāyizdaryān, ’Abd Al-Laṭīf. (1999). at-Tabyīn fī Aḥkām Tilāwah al-Kitāb al-Mubīn. Beirut: Dār al-Ma‘rifah.

Gallop, A. T. (2004). Seni Mushaf di Indonesia, Terj. Ali Akbar. Lektur, 2(2).

Irsyadi, N. (2020). Pengaruh Ragam Qira’at terhadap Al-Waqf wa Al-Ibtidā’ dan Implikasinya dalam Penafsiran. Banjarmasin: Antasari Press.

Istiqomah. (2020). Waqf dan Ibtidā’ dalam Mushaf Al-Qur’an. Jurnal Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 93–112. https://doi.org/10.33511/alfanar.v3n1.93-112

Lilik, L. U. K., & Ulfah, M. Y. (2022). Diferensiasi Tanda Waqaf Mushaf Standar Indonesia 2008 Dan Mushaf Madinah 1439 H. Qof, 6(1), 23–48. https://doi.org/10.30762/qof.v6i1.138

LPMQ. (2017). Kumpulan Peraturan Menteri Agama Tentang MSI. Jakarta: LPMQ.

Ma‘bad, M. A. (1993). al-Mulakhkhaṣ al-Mufīd fī ‘Ilm at-Tajwīd,. Madinah: Maktabah Ṭayyibah.

Madzkur, Z. A. (2018). Khazanah Ilmu Al-Qur’an. Tangerang: Yayasan Masjid At-Taqwa.

Maḥmūd ibn Muḥammad ‘Abd al-Mun‘im al-‘Abd. (n.d.). ar-Rauḍah an-Nadiyyah. Iskandariyyah: Dār al-Īmān.

manzur, I. (n.d.). Lisan al-’Arab Juz VI. Beirut: Daar al-Ma’arif.

Muḥammad Makkīy Naṣr. (n.d.). Nihāyah al-Qaul al-Mufīd. Dār al-‘Ulūm al- Islāmiyyah.

Munzir, M. ibn M. ibn. (n.d.). Lisan Al-’Arab. Beirut: Dar al-Sadir.

Permatasari, Hudaidah, I. (2021). Proses Islamisasi dan Penyebaran Islam di Nusantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3406

Rahmayani, T. (2017). Karakteristik Manuskrip Mushaf H. Abdul Ghaffar Di Madura. Nun : Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 3(2), 59. https://doi.org/10.32495/nun.v3i2.45

Rokhmansyah, A. (2017). Teori Filologi. Yogyakarta: Istana Agency.

Rusmana, D. (2000). Al-Qur’an dalam Pandangan Islamolog Barat: Studi Kritis terhadap Metodologi dari Tesis-tesis John Wansbrough dalam Studi Al-Qur’an. Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sulistyorini, D. (2015). Filologi: Teori dan Penerapannya (Sulistyori). Malang: Madani.

Zaenal Arifin, D. (2017). Sejarah Penulisan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (M. M. Hanafi, Ed.). Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Zulianawati, S. (2020). Iluminasi dalam Mushaf Al-Qur’an Al-Bantani dan Relevansinya dalam Perkembangan Mushaf di Indonesia. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v9i2.40573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ecep Ismail, Muhamad Khabib Imdad

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.