AL-MUSYTARAK AL-LAFZY MENDEKONTRUKSI ARGUMEN TAFSIR TEKSTUAL

Main Article Content

Luqman Abdul Jalal

Abstract

Faktor utama radikalisme adalah tekstual dalam memahami ajaran agama, sebuah pendekatan dalam memahami agama yang berorientasi pada teks semata, literal dan skriptural. Upaya dekonstruksi pemikiran tekstual juga sudah banyak dilakukan, khususnya dengan pendekatan kontekstual tetapi usaha ini kurang bisa diterima di kalangan madzhab tekstualis, karena berseberangan dengan prinsip mereka. Menurut mereka, argumen teks tidak bisa dirobohkan dengan konteks, karena keduanya merupakan prinsip yang berbeda. Al-musytarak al-lafá¸zi adalah salah satu konsep memahami teks suci yang dapat mendekontruksi argumen paham tekstual ini. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan cara mamaparkan data yang berasal dari kajian pustaka kemudian ditarik kesimpulan umum. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa al-musytarak al-lafá¸zi adalah sebuah konsep dalam memahami teks agama, satu kata memiliki beragam makna dan tidak bertentangan satu dengan lainnya. Kesimpulan dalam tulisan ini membuktikan bahwa kaidah al-musytarak al-lafá¸zi dapat menganalisa makna teks agama secara komprehensif dan merobohkan argumentasi kaum tekstualis. 

 

Article Details

How to Cite
Jalal, L. A. (2019). AL-MUSYTARAK AL-LAFZY MENDEKONTRUKSI ARGUMEN TAFSIR TEKSTUAL. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.4288
Section
Articles

References

Abdul al-‘Āli Salim. Ghorib Alquran fÄ«ashri al-RosÅ«l wa al-á¹£ohabah wa al-TÄbi’īn. BeirÅ«t: Muassasah al-Risalah, 1417.

Abdul Latif Ibnu Abdu al-Qa

Abdullah bin Muhammad Su’ūdi. “al-Fahmu al-harfi linnash.†Jurnal al-JazÄ«rah lishahÄfah 13228 (Dzulhijjah 1429).

Abdullah bin Qudamah Maqdisy. al-Mughny fÄ«fiqhi al-Imam Ahmad. 1 ed. Vol. 13. BeirÅ«t: DÄr al-Fikr, 1405.

Abdurrahman bin Ali Ibnu al-Jauzi. Nuzhatu al-A’yun al-NawÄdzir. Muassasah al-RisÄlah: 1987., t.t.

Abu al-FidÄ’ Ibnu KathÄ«r. TafsÄ«r Alquran al-‘AdzÄ«m. Vol. 1. Riyadh: DÄr al-Thaibah, 1999.

———. TafsÄ«r Alquran al-‘AdzÄ«m. Vol. 2. Riyadh: DÄr al-Thaibah, 1999.

Abu al-FidÄ’ Ibnu KathÄ«r. al-BidÄyah wa al-NihÄyah. Vol. 3. BeirÅ«t: Maktabah al-Ma’Ärif, 1990.

———. TafsÄ«r Alquran al-‘AdzÄ«m. Vol. 8. Riyadh: DÄr al-Thaibah, 1999.

———. TafsÄ«r Alquran al-‘AdzÄ«m. Vol. 6. Riyadh: DÄr al-Thaibah, 1999.

Abu Zakariya Yahya Nawawi. al, al-MinhÄj Syarah ShahÄ«h Muslim. 2 ed. Vol. 12. BeirÅ«t: DÄr IhyÄ’ al-TurÄts al-‘Araby, 1392.

Ahmad bin Syu’aib al-Nasa’i,. Sunan NasÄ’i,. 2 ed. Vol. 6. Halab: Maktab al-Mathbū’Ät al-IslÄmiyyah, 1986.

Al-Baghawi. Ma’Älim al-TanzÄ«l. Vol. 4. Riyadh: DÄr al-Taibah, 1997.

———. Ma’Älim al-TanzÄ«l. Vol. 6. Riyadh: DÄr al-Taibah, 1997.

Ali bin Ahmad Ibnu Hazm. al-IhkÄm fÄ«UshÅ«li al-AhkÄm. Vol. 1. BeirÅ«t: DÄr al-Ä€fÄq al-JadÄ«dah, 1983.

Al-Raghib Aá¹£fahÄni. MufrodÄt alfÄd} Alquran. Damaskus: DÄr al-Qolam, 2010.

Al-Sa’dy. TaisÄ«r al-KarÄ«m al-RahmÄn. 1 ed. BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 2000.

Al-Zarkasyi. al-Burhan fi ‘Ulûm al-Qur’ân. 3 ed. Vol. 1. Beirut: dar al-Fikr, 1980M.

Badriyah binti ‘Athiyah. Ä€ro’ bin Hazm al-Dzahiri. Makkah: JÄmi’ah Ummu al-Quro, 1423.

Dede Rodin. “Islam dan Radikalisme: Telaah Atas Ayat-ayat Kekerasan dalam Al-qur’an,†2016.

Echols, John Minor, dan Hasan Shadily. An English-Indonesian dictionary. Ithaca, (NY: Cornell Univ. Pr., 1975.

Ibnu Hajar AshqalÄni. Fathu al-BÄri. Vol. 11. BeirÅ«t: DÄr al-Ma’rifah, 1379.

Ibnu JarÄ«r TabÄrÄ«. JÄmi’ al-Bayan fÄ«tafsÄ«r Äyi Alquran. 1 ed. Vol. 2. BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 2000.

———. JÄmi’ al-Bayan fÄ«tafsÄ«r Äyi Alquran. 1 ed. Vol. 24. BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 2000.

———. JÄmi’ al-Bayan fÄ«tafsÄ«r Äyi Alquran. 1 ed. Vol. 14. BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 2000.

———. JÄmi’ al-Bayan fÄ«tafsÄ«r Äyi Alquran. 1 ed. Vol. 18. BeirÅ«t: Muassasah al-RisÄlah, 2000.

Ibnu Muhammad DamaghÄni. QÄmus al-Qur’Än. 3 ed. BeirÅ«t: DÄr al-Ilmi lil al-MalÄyÄ«n, 1983.

Ibnu Taimiyyah. Taqiyuddin, Majmū’ al-fatÄwa. Vol. 19. Riyadh: DÄr al-WafÄ’, 1997.

Islah Gusmian. Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi. Vol. 1. Jakarta: Teraju, 2003.

JalÄlu al-DÄ«n SuyÅ«t}i. al-ItqÄn fī‘UlÅ«m al-Qur’Än. Vol. 2. BeirÅ«t: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2012.

JalaluddÄ«n al-Mahalli, dan Jalaluddin al-SuyÅ«ti. TafsÄ«r JalÄlain. al-Qahirah: DÄr al-Hadis, 2001.

Khaled Abu al-Fadhl. Cita dan Fakta Toleransi dalam Islam. Bandung: Arrasy, 2003.

Komaruddin Hidayat. Memahami Bahasa Agama; Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Paramadina, 1996.

Muhammad Al-Syaukani. Fathu al-QadÄ«r. Vol. 3. BeirÅ«t: DÄr Ibnu KathÄ«r, 1414.

Muhammad bin al-Toyyib. I’jÄz Alquran. Kairo: DÄr al-Ma’arif, t.t.

Muhammad bin Idris SyÄfi’i. al-RisÄlah: sharah Ahmad ShÄkir. BeirÅ«t: DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t.

Muhammad bin Umar FakhruddÄ«n Razi. MafÄtih al-Ghoib, BeirÅ«t. Vol. 11. BeirÅ«t: DÄr al-Kutub al-Ilmiyyah, 2004.

Muhammad Ibn Ismail Abu Abdullah al-Bukhar. al-JÄmi’ al-ShahÄ«h. Vol. 1. BeirÅ«t: DÄr Ibnu KathÄ«r, 1987.

Muhammad Ibn Ismail Abu Abdullah al-Bukhari al-Ja’fi. ShahÄ«h al-BukhÄri. 1 ed. Vol. 8. BeirÅ«t: DÄr Ibnu KathÄ«r, 2002.

Munjid, Nur al-DÄ«n,. al-Musytarak al-lafdzi fi Alquran al-KarÄ«m. Vol. 1. Beirut: DÄr al-Fikr, 1999.

Muqoá¹­il bin Ibnu Sulaiman. al-WujÅ«h wa al-NadzÄir fi Alquran al-KarÄ«m. Vol. 1. Dubai: Markaz Jum’ah Majid li al-ThaqÄfah wa al-Turats, 2006.

NÅ«r al-DÄ«n KhÄdimy. Al-DalÄ«l ‘inda al-DzÄhiriyyah. Kairo: DÄr Ibnu Hazm, 2000.

Salim Bahansawi. al-Hukmu wa Qadhiyyatu TakfÄ«r al-Muslim. Mesir: DÄr al-WafÄ’, 1998.

Syarifudin. “Islam dan Keselamtan dalam Alquran.†Disertasi, UIN Sunan Kali Jaga, 2009.

Yusuf Qordhowi. al-Shahwah al-Islamiyah bayna al-Juhudwa al-Tatarruf. Qatar: kitab al-ummah, 1402.