DAKHĪL AL-NAQLI KISAH NABI AYYUB PADA TAFSIR AL-QUR’ĀN AL-‘AZIM KARYA IBNU KATHIR

Main Article Content

Muhammad Erpian Maulana

Abstract

Nilai kebenaran penafsiran sebagai produk olah pikir manusia (dalam hal ini seorang mufassir) bersifat subjektif. Bahkan, pada nyatanya sebagian penafsiran mengandung kecacatan. DakhÄ«l merupakan salah satu disiplin ‘ulÅ«m al-Qur’Än yang baru yang dengannya seorang pembaca tafsir dapat membedakan antara penafsiran yang valid dan penafsiran yang tidak valid. Kecacatan dalam penafsiran seringkali terjadi dalam penafsiran mengenai kisah-kisah para nabi. Salah satu cerita yang masyhur adalah ditinggalkannya Nabi Ayyub oleh keluarga dan para pengikutnya disebabkan oleh penyakit kulit akut yang dimiliki Nabi Ayyub. Ibnu Kathir merupakan seorang mufasir yang menggunakan corak kritik dalam tafsirnya yang fenomenal, Tafsir Al-Qur’an Al-‘Aẓim dalam mengupas muatan penafsiran, terutama dalam penafsiran kisah para nabi dalam Alquran. Kendatipun demikian, beberapa penafsiran Ibnu Kathir terhadap beberapa kisah Alquran mengandung kecacatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jumlah dakhÄ«l al-naqli dalam QS. Al-AnbiyÄ[21]: 83-84 QS. á¹£Äd [38]: 41-44. Dan untuk mengidentifikasi bahwa Nabi Ayyub tidak mengalami penyakit kulit yang menjijikkan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis-isi. Dalam penelitian ini ditemukan delapan bentuk dakhÄ«l al-naqli dalam empat kategori dakhÄ«l al-naqli (dari sembilan kategori ) pada QS. Al-AnbiyÄ[21]: 83-84. Diantaranya menafsirkan Alquran dengan hadis yang lemah, menafsirkan Alquran dengan cerita IsrÄ’iliyyÄt, menafsirkan Alquran dengan pendapat sahabat yang tidak valid dan menafsirkan Alquran dengan pendapat tabiin yang tidak valid. Sementara dalam QS. á¹£Äd [38]: 41-44 penulis hanya menemukan satu bentuk dakhÄ«l al-naqli saja, yakni menafsirkan Alquran dengan hadis yang lemah. Simpulan yang didapatkan penulis dari penafsiran Ibnu Kathir terkait kisah nabi Ayyub adalah bahwa nabi Ayyub tidak mengalami penyakit kusta. Nabi Ayyub hanya mengalami penyakit diantara tulang kaki, sejenis penyakit rematik.

Article Details

How to Cite
Erpian Maulana, M. (2020). DAKHĪL AL-NAQLI KISAH NABI AYYUB PADA TAFSIR AL-QUR’ĀN AL-‘AZIM KARYA IBNU KATHIR. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 146–156. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i2.7114
Section
Articles

References

AbÅ« Shahbah, Muhammad bin Muhammad. al-IsrÄ’iliyyÄt wa al-Mauá¸Å«â€˜Ät fi Kutub al-Tafsir wa al-H{adith. Mesir : Maktabah al-Sunnah, 1408 H.

AlÅ«si, ShihÄbuddin MahmÅ«d. Ruḥ al-Ma‘Äni fi Tafsir al-Qur’Än al-‘Aẓim wa al-Sab‘i al-MathÄni. Beirut : DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1415 H.

‘AsÄkir, Ibnu. TÄrikh Damashq. “t.k.†: DÄr al-Fikr li al-á¹­abÄ‘ah wa al-Nashr wa al-Tauzi‘, 1995

Ash‘ari, ‘AbdurrahmÄn bin SaqÄf. DurÅ«s al-‘AqÄ‘id al-Diniyyah. Banjaran: Mubarakul Huda, 2015.

AsqalÄni, Ibnu H{ajar. Ta‘rif Ahli al-Taqdis bi MarÄtib al-Mauṣūfin bi al-Tadlis. ‘Amman : Maktabah al-ManÄr, 1983.

Dhahabi, Husain. al-Tafsir wa al-MufassirÅ«n. Al-QÄhirah: Maktabah Wahbah, 1990.

Dhahabi, Husain. al-IsrÄ’iliyyÄt fi al-Tafsir wa al-Hadith. Al-QÄhirah: Maktabah Wahbah, “t.tâ€.

Dhahabi, Shamsuddin Abu ‘Abdillah. TÄrikh al-IslÄm wa WafayÄt al-MashÄhir wa al-‘AlÄm, “t.k†: DÄr al-Gharb al-IslÄmi, 2003.

H{alabi, BurhÄnuddin. al-IghtibÄá¹­ bi Man Rumiya min al-RuwwÄt bi al-IkhtilÄá¹­. Al-QÄhirah : DÄr al-Hadith, 1988.

Iyazi, Muhammad ‘Ali. al-MufassirÅ«n HayÄtuhum wa Manhajuhum. Teheran:WizÄrahal-ThaqÄfah wa al-IrshÄd al-IslÄmi, “t.tâ€.

Kathir, Ibn. Tafsir al-Qur’Än al-‘Aẓim Tafsir Ibn Kathir. Beirut : DÄr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1419 H.

Laqqani, IbrÄhim. Tuhfah al-Murid ‘AlÄ Jauhar al-Tauh{id. Terj. Tgh. Mujiburrahman. Surabaya : Pustaka Ilmu, 2010.

ManÄhij JÄmi’ah al-Madinah al-‘Aliyah, al-DakhÄ«l fi al-Tafsir, Madinah : JÄmi’ah al-Madinah al-‘Aliyah, “t.tâ€.

Ma‘rifah, Muhammad Hadi. al-Tafsir wal al-MufassirÅ«n fÄ«Thaubihi al-Qushaibi,. Iran: Razavi University of Islamic Sciences, “t.tâ€.

Mizzi,YÅ«suf bin ‘AbdurrahmÄn. Tahdhib al-KamÄl fi al-AsmÄ al-RijÄl. Beirut: Muassasah al-Risalah, 1980 M.

Muhammad bin Sa‘ad, Abu ‘Abdillah. al-á¹­abaqÄt al-KubrÄ. Beirut : DÄr á¹£Ädir, 1968.

Muslimi, Muhammad Mahdi, AshrÄf Mans}Å«r Abdurrahman, dan ‘Is}Äm ‘Abdul al-HÄdi MaḥmÅ«d. Mausū‘ah al-Aqwal Abi al-ḥasan al-DÄruquá¹­ni fi RijÄl al-Hadith wa ‘Ilalihi. Beirut : ‘Ālim al-Kutub Li al-Nashr wa al-Tauzi‘, 2001.

Syuaib, Ibrahim. Metodologi Kritik Tafsir. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Ushuluddin, 2008.

Waá¹£Äbi, Abu ‘Amr NÅ«r al-Din. Tuhfah al-Labib bi Man Takallama Fihim al-HÄfiẓ Ibn Hajar min al-RuwwÄt fi Ghair al-Taqrib. Jumhur Miá¹£ra al-‘Arabiyyah : Maktabah Ibn ‘Abbas li al-Nashr wa al-Tauzi‘, 2010.