Peningkatan kompetensi mahasiswa uin sunan gunung djati bandung dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) matematika berbasis nilai-nilai islam


Asep Jihad(1*)

(1) (https://orcid.org/0000-0001-8588-3372) id Scopus: 57200558086 Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa prodi pendidikan matematika selain memiliki kemampuan menguasai konsep matematika, mengajar juga harus mampu membuat Lesson Plan (LP) berdasarkan nilai Islam sebagai ciri khas mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kemampuan siswa untuk mengembangkan LP, masih belum optimal, peneliti tertarik untuk membuat model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mempersiapkan LP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif. Penelitian ini dilakukan pada 40 siswa jurusan pendidikan matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mempersiapkan Matematika LP berdasarkan nilai-nilai Islam, instrumen yang digunakan dalam kuesioner dan tes kemampuan untuk membangun LP berbasis nilai-nilai Islam. Hasil penelitian, pelaksanaan ceramah tentang peningkatan kemampuan siswa untuk merancang LP berdasarkan nilai Islam termasuk kategori sedang, hasil LP berbasis nilai Islam masih belum muncul dalam konten matematika, tujuan pembelajaran dan evaluasi. Dengan demikian, desain model kuliah di prodi matematika harus berkolaborasi


References


Abdusyakir. (2007), Bila Kyai Mengajara Matematika, Malang, UIN Malang Press

Abdussakir. (2005). Matematika dan al-Qur'an. Disajikan pada Seminar Integrasi Matematika, al-Qur‟an, dan Kehidupan Sosial, 3 Agustus 2005, Topografi Komando Daerah Militer V Brawijaya, Malang.

_______. (2006a). Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press.

_______. (2006b). Pola matematika pada surat al-‘Ashr, al-Kautsar, dan an-Nashr. Laporan Penelitian tida dipublikasikan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

_______. (2007). Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press.

_______.(2009). Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur'an. Malang: UIN-Maliki Press.

Abdullah, Amin, (2014). Praksis Paradigma Integrasi Interkoneksi Ilmu dan Transformasi Islamic Studies. Makalah diseminarkan di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 22-23 Oktober 2014, hal 3

Al-Kahil, (2008). Misteri Angka: Dalam Mukjizat Matematika Al-Qur’an. Jakarta: Sahara.

An-Najdi, (2006). Al-Qur’an dan Rahasia Angka-angka. Diterjemahkan oleh Agus Effendi. Bandung: Pustaka Hidayah.

Basya, F. (2003). Matematika Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Quantum Prima.

_______.(2005). Matematika Islam. Jakarta: Penerbit Republika.

Black, S. (2003). The Creative Classroom. American School Board Jurnal September 2003, p 68-70.

Bishop. (2001). What Values Do You Teach When You Teach Mathematics? Teaching Children Mathematics (Ed. Anne Reynolds dan Jim Dorward). Australian Research Council and Jointly Conducted by Monash University.

Brog dan Gall,(1979), Educational Research An Introduction, New York, Souten Press.,

Ernest,P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. London: RoutledgeFalmer.

Gagne, R.M. (1975). Essentials of learning for Instruction: Expanded Edition. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Joyce, Bruce. dan Marsha Weil. (1992). Models of Teaching. Allyn ang Bacon, Massachussets.

Karso, dkk., (2014), Materi Pokok Pendidikan Matematika I , Universitas Terbuka.

Khalifa,(1974). One of the Great Miracle. (Online) http://www.submission.org/Appendix_1/one_of_the_great_miracle.htm (diakses 12 Pebruari 2006).

Komariah, Aan.dkk (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muniri. (2016). Kontribusi Matematika dalam Konteks Fikih. Ta’allum, 04(02): 193-214.

Moleong, Lexi J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada

Nanat 2011 wahyu memandu Ilmu, UIN SGD Bandung

Rosimanidar. (2012). Internalisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Pembelajaran Matematika. Laporan Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

_______. (2013a). Pengembangan Pembelajaran Aljabar SMP Berbasis Nilai-Nilai Akhlak. Laporan Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

_______ (2013b). Peran Guru Menginternalisasikan Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Wujud Revitalisasi Perguruan Tinggi Islam Di Era Globalisasi. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika oleh Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tanggal 18 Mei 2013.

Sugilar, H. 2017. Implementasi Model Perkuliahan Assessment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Perspektif, 1(1): 11-19. Dapat diakses di: perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/download/2/2

Tafsir, Ahmad. (2006)Filsafat Pendidikan Islami; Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, cetakan pertama. Jakarta: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id