Model Problem Based Learning Berbantuan E-Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v10i2.43772Keywords:
-Komik, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan e-komik membantu siswa memahami konsep matematis. Model PBL dan e-komik dikombinasikan untuk membuat pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan relevan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes pemahaman matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih memahami konsep matematis dengan bantuan e-komik. Kemampuan pemahaman matematis siswa meningkat sebesar 49%, yang tergolong dalam kategori sedang, berdasarkan analisis data Ngain; nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pretest dan posttest masing-masing meningkat menjadi 50,6% dan 75%, sedangkan persentase siswa tuntas dari 7,1% mencapai 89%. Angket respon menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, sebesar 60,4% siswa menyatakan respon yang positif. Oleh karena itu, menerapkan model ini dapat menjadi strategi pembelajaran matematika yang efektif pada kemampuan pemahaman konsep matematis.References
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 82.
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Dwi Aulia, A., Nur Addina, H., Alamanda, F., & Wahyuni, S. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(16), 22–32. https://doi.org/10.5281/zenodo.8224984
Esi, N., Umeng, Y., & Suhendra, M. (2023). Penggunaan Desmos Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika SMP. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Ke-2 Tahun 2023, 130–135.
Etnomatematika, E., & Permainan, P. (2024). Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika. 02(April).
Fadillah, Z. I. (2024). Pentingnya Pendidikan STEM ( Sains , Teknologi , Rekayasa , dan. Journal Sains and Education, 2(1), 1–8.
Fauziyah, R. S., Anriani, N., & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Menggunakan E-Modul Berbantu Kodular Pada Smartphone. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 71. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.13180
Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 983. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10837
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385
Halim, A., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8333–8341.
Kusnadi, F. N., Karlina Rachmawati, T., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 170–178. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140
Kusyanto, K., Shahrill, M., Irwan, E., & Yazid, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Self –Efficacy. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 2), 1–16. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.5438
Lestari, M., Rahayu, W., & Irawan, A. (2022). Trial And Validation Of Etnobatic Applications As A Media Mathematics Learning Based On Android. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2), 107–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i2.18378
Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818
Nada, N. Q., & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 132–148. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303
Puji Astuti. (2023). Kesulitan Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Varriabel (Spldv). MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 506–513. https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.865
Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127–138. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1229
Rabbani, M. I., Jihad, A., & Juariah. (2022). Urgensi Media Pembelajaran terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah The Urgency of Learning Media on Mathematics Learning in Schools. Gunung Djati Conference Series, 12, 50–54.
Sa’diah, H., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Matematika SMP. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 54. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4097
Saepullah, R. N. I. (2023). Penerapan Strategi Multiple Representation Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. 32, 1–23.
Septianawati, D., Zulkarnain, Khairiyah, & Putri, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linear menggunakan Software Matrix Laboratory (Matlab) di Prodi Tadris Matematika. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 559–567. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1509
Setiani, N., Roza, Y., & Maimumah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.
Siburian, J. O., Pangaribuan, F., & Marbun, Y. M. R. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Lingkaran Kelas IX UPTD SMP Negeri 7 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(3), 6195–6208.
Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Prisma, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798
Suci, S. N., & Miatun, A. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa Smp pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7694
Tiara, V., Ninawati, Liska, F., Alya, R., & Barella, Y. (2024). Menggali Potensi Problem Based Learning: Definisi, Sintaks, Dan Contoh Nyata. Sosial: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.153
Tumanggor, N. C., & Yahfizham. (2024). Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Desmos Dalam Pembelajaran Matematika. Holistik Analisis Nexus, 1(5). https://doi.org/10.62504/n4dhnz65
Wicaksana, P. T. S., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 13 Surabaya. JMER: Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 17–22.
Widiastuti, T. T. (2024). Understanding Of Mathematical Concepts In Terms Of Student Learning Interest Using The Teams Games Tournaments Model Assisted By Sporcle Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Siswa Menggunakan Model Teams Games Tournaments BerbantuaN. 8(2), 171–189.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).