VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADAKONSEP SISTEM REGULASI


Rikah Ariana(1*), Sri Amintarti(2), Hardiansyah Hardiansyah(3)

(1) Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Learning in the curriculum 2013 provides a learning model that facilitates critical thinking skills. The material for the Sub-Regulatory System in biology learning is still conceptual, so it is necessary to develop a learning material. Learning materials in the form of student worksheet (LKPD) function to facilitate students to actively shape their knowledge according to the demands of the curriculum 2013. The research uses the EDR model and aims to develop student worksheet (LKPD) based on valid critical thinking skills. The research method used Tessmer design, by going through stages 1) self-evaluation; 2) expert review; 3) individual test; 4) small group test and 5) field test. Expert review research subjects consisted of 2 supervisors and 1 high school biology teacher. Individual test subjects were 3 students of class XI MIA 1. Data collection techniques for the validity and practicality of the content used the mean technique. The data analysis technique for the validity and practicality of the content was determined with a final score of 4 in the very valid category. The results showed the validity of LKPD based on expert review obtained the valid category with an overall average of 3.73.

    

Abstrak. Pembelajaran pada kurikulum 2013 menyediakan model pembelajaran yang memfasilitasi keterampilan berpikir kritis. Materi Sub Sistem Regulasi dalam pembelajaran biologi masih berupa konseptual sehingga perlu dikembangkan sebuah bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran berupa LKPD berfungsi untuk memfasilitasi peserta didik untuk aktif membentuk pengetahuannya sesuai tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model EDR dan bertujuan untuk mengembangkan LKPD berdasarkan keterampilan berpikir kritis yang valid. Metode penelitian menggunakan desain Tessmer, dengan melalui tahapan 1) Evaluasi diri; 2) uji pakar; 3) uji perorangan; 4) uji kelompok kecil dan 5) uji lapangan. Subjek penelitian uji pakar terdiri dari 2 dosen pembimbing dan 1 orang guru Biologi jenjang SMA. Subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI MIA 1. Teknik pengumpulan data validitas dan kepraktisan isi menggunakan teknik rerata. Teknik analisis data validitas dan kepraktisan isi ditetapkan dengan skor akhir 4 dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berdasarkan uji pakar mendapatkan kategori valid dengan rata-rata keseluruhan 3,73; 2) kepraktisan isi LKPD mendapatkan kategori baik dengan rata-rata keseluruhan 3,95.

 


Keywords


LKPD, Validitas, Sistem Regulasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amintarti, S. Ajizah, A. dan Utami, N. H. (2019). Pengembangan Media Gambar Alga Mikroskopis Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM. Jurnal Wahana Bio. 21. (2).

Arsyad, M., Zaini, M., & Aziati, K. (2019, Maret). Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Protista Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Penelitian Berbasis Desain). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika" MotoGPE".

Asra & Sumiati. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Damayanti, D. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Daryanto, D. & Dwicahyono (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dwiyogo, W.D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.

Fajri, A., Rahman, A., & Yani, A. P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 52-57.

Hardiansyah. (2018). Keragaman Jenis Vegetasi Di Kawasan Rawa Tanpa Pohon Desa Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Sebagai Bahan Pengayaan Materi Mata Kuliah Ekologi Lahan Basah. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah 3, (1), 170-175

Julian, R., & Suparman, S. (2020). Analisis kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1).

Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawan, A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Penyelesaian Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Bruner Di Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Kusnadi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Di Sma Negeri 1 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 123-135.

Labib, L., & Puspitawati, R. P. (2018). Validitas Dan Kepraktisan LKPD Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Materi Tumbuhan Spermatophyta Kelas X SMA. BioEdu, 7(2), 230-241.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177.

Marjan, J. dkk. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Peserta didik MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.

Plomp, T., & Nieveen, N. M. (2007). An introduction to educational design research: Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal Univrsity, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007. Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO).

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahmi, F., Noorhidayati, N., & Riefani, M. K. (2020). The Validity of the Human Circulatory System Concepts Handout at Class XI IPA SMAN 6 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 14-19.

Rasiman, R. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2/September).

Riefani, M. K. (2020, January). The practicality of odonata handout in invertebrate zoology course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1422, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Riefani, M. K. (2019). Validitas Dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” Di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Vidya Karya, 34(2), 193-204.

Septiani, K. S., Noorhidayati, N., & Riefani, M. K. (2020). The Validity of Question Wheel" KARUNIA" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 7-13.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.

Van den Akker, J. (1999). Principles and methods of development research. In Design approaches and tools in education and training (pp. 1-14). Springer Netherlands.

Wahyuningtias, H., & Isnawati, I. (2019). Validitas Dan Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Fungi Untuk Melatihkan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik Kelas X SMA. BioEdu, 8(2), 145-151.

Wibowo, W. S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Guna Mendukung Pelaksanaan Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam PPM “Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu bagi Guru SMP/MTS.

Yani, A & Ruhimat, M. (2018). Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: Refka Aditama




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i1.17259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats