Program Studi Pendidikan Biologi (Bulan), Vol. (x), No.(x) 8 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Cica Aisyah Nurlatifah(1*), Tuti kurniati(2), Meti Maspupah(3)

(1) , Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu LKS atau menyempurnakan LKS
yang telah ada.Pada tahap uji coba LKS akhir, LKS yang dikembangkan mulai diterapkan dalam
pembelajaran di kelas. Metode ini menggunakan satu kelas sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihana ganda, angket validasi, dan angket respon. Setelah melalui proses
analisis data, maka hasil penelitian menunjukan: Penyusunan LKS berbasis model learning cycle 5 E
menggunakan model Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) pada
tahap pengembangan di validasi, oleh ahli dengan skor rata-rata 0,88 dengan kategori valid dan
validasi oleh sepuluh orang siswa dengan skor rata-rata 0,98 dengan kategori valid, dengan demikian
LKS ini sudah bisa di implementasikan dalam pembelajaran disekolah; LKS berbasis model learning
cycle 5 E yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran
lingkungan. Hal ini didasarkan hasil N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan Respon siswa
terhadap penggunaan LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dalam pembelajaran
pada materi pencemaran lingkungan menunjukan respon positif. Hal ini didasarkan pada analisis
angket respon siswa yang memperoleh skor siswa rata-rata 3,64 dengan klasifikasi tinggi. Simpulan
pengembangan LKS berbasis model learning cycle 5 E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi pencemaran lingkunga

Keywords


Lembar Kegiatan Siswa, Learning Cycle 5 E, Pencemaran Lingkungan



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats