PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM PERAIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL


ai erfariyah(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan prestasi
kognitif dan afektif siswa pada sub materi pokok ekosistem perairan menggunakan
pendekatan lingkungan dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan pre testpost
test control group design. hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen sebesar 28,22 dan nilai rata-rata postest sebesar 57,69, dengan demikian diperoleh
gain sebesar 29,47. nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 33,86 dan rata-rata postest
sebesar 47,67 dan diperoleh gain sebesar 14,69. Hasil Tes Wilcoxon untuk nilai pretest kedua
kelas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil Uji t untuk
nilai postest terdapat perbedaan yang signifikan (nilai kelas eksperimen lebih tinggi) dan hasil
Tes Wilcoxon untuk nilai gain terdapat perbedaan yang signifikan. Prestasi Afektif siswa
dilihat dari respon yang sangat positif, skor rata-rata peraspek sebesar 3,78 dengan kualifikasi
tinggi. Prestasi afektif siswa kelas kontrol dilihat dari respon yang cukup baik terhadap
pembelajaran.

Keywords


Kognitif, Afektif, Ekosistem Perairan Pendekatan Lingkungan Konvensional



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i2.3145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats