Pemanfaatan Vlog dalam Penyampaian Informasi Publik Pemerintah Kota Semarang


Martha Tri Lestari(1*), Lisa Aji Sasmita(2)

(1) Telkom University, Indonesia
(2) Telkom University Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine how to convey information from the Semarang City government to the public based on the sources used, relevant to people's lives, delivery of information based on the latest facts and accountable information, proximity to the community, and the use of the 5W + 1H formula. This research uses descriptive qualitative research methods. The results showed that the Semarang City Government used YouTube and vlogs as a medium for delivering information to the public by creating vlog content "Yossie-Dani." There are several tricks in the vlog, such as utilizing the blooper concept, giving style editing in the form of sound effects and text effects. There are several news values in the Yossie-Dani vlog, namely popular sources, relevant to people's lives, delivery of information based on the latest facts and accountable information, proximity to the community, and the use of the 5W + 1H formula. By creating digital creative ideas in communicating, closeness will be built with the public so as to increase customer engagement with positive values.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penyampaian informasi pemerintah Kota Semarang kepada publik berdasarkan narasumber yang digunakan, relevan dengan kehidupan masyarakat, penyampaian informasi berdasarkan fakta terbaru dan informasi dapat dipertanggungjawabkan, jarak kedekatan dengan masyarakat, serta penggunaan rumus 5W+1H. Penelitian ini   menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pemerintah Kota Semarang menggunakan youtube dan vlog sebagai media penyampaian informasi kepada publik, dengan membuat konten vlog “Yossie-Dani”. Ada beberapa trik dalam vlog tersebut seperti, memanfaatkan konsep blooper, memberikan style editing berupa sound effect dan text effect. Ada beberapa nilai berita di vlog Yossie-Dani, yaitu narasumber yang populer, relevan dengan kehidupan masyarakat, penyampaian informasi berdasarkan fakta terbaru dan informasi dapat dipertanggungjawabkan, jarak kedekatan dengan masyarakat, serta penggunaan rumus 5W+1H. dengan menciptakan ide-ide kreatif digital dalam melakukan komunikasi, maka akan terbangun kedekatan dengan publik, sehingga dapat meningkatkan customer engagement yang bernilai positif.


Keywords


Public Information, Vlog, Youtube, News, Government

Full Text:

PDF

References


Adi, D. S., & Mariani, A. (2016). Komunikasi Askriptif Tokoh Publik Untuk Mencegah Kegiatan Seks Komersial Terselubung. Dinamika Global : Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal, (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember), 539–553. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3700.

APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2017 alam APJII (Vol. 2018).

Andriana, N. (2013). Media Siber Sebagai Alternatif Jembatan Komunikasi Antara Rakyat dan Pemimpinnya. Jurnal Penelitian Politik, 10 (2), 79–93.

Aqil, M. R., & Fahri, M. (2018). Vlogging as a Medium for Eighth Graders of SMP Negeri 1 Gresik in Speaking Recount Text Mohammad Robith Aqil. Retain, 6 (2), 186–194.

Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta Selatan: Media Kita.

Besman, A., Adiputra, A. V., & Saputra, S. J. (2018). President Joko Widodo Communication in the #Baliaman Vlog. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21 (1), 43–56. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i1.518.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Acta Diurna, 6 (1).

Earnshaw, R. (2017). State of the Art in Digital Media and Applications. https://doi.org/10.1007/978-3-319-61409-0.

Gannon, V., & Prothero, A. (2018). Beauty bloggers and YouTubers as a community of practice. Journal of Marketing Management, 34 (7–8), 592–619. https://doi.org/10.1080/0267257X.2018.1482941.

Gibson, M. (2016). YouTube and bereavement vlogging: Emotional exchange between strangers. Journal of Sociology, 52 (4), 631–645. https://doi.org/10.1177/1440783315573613.

Graham, M., & Avery, J. E. (2013). Government Public Relations and Social Media: An Analysis of the Perceptions and Trends of Social Media Use at the Local Government Level, 7(4), 1-21.

Hendricks, J. A., & Robert E. Denton, J. (2010). Political Campaigns and Communicating with the Electorate in the Twenty-First Century. In J. A. Hendricks & R. E. Denton (Eds.), Communicator In Chief:

How Barack Obama Used New Media Technology to Win the White House (pp. 1–18). Estover Road, Plymouth: Lexington Books.

Haryanto, A. T. (2018). 130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif di Medsos. Retrieved March 24, 2019, from https://inet.detik.com/cyberlife/d-3912429/130-juta-orang-indonesia-tercatat-aktif-di-medsos.

Herman. (2017). Strategi Komunikasi Pengelolaan Zakat, Infak, dan

Sedekah (ZIS) Melalui Media Sosial. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 171-190. DOI: 10.15575/cjik.v1i2.4833.

Irawan. (2009). Kamus Istilah Komputer Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Jakpat. (2018). Watching Vlog. Retrieved from http://jajakpendapat.net/pdf/14917/watching-vlog-jakpat-free-survey report.

Izzah, L., & Hadi, M. S., (2018). Pembelajaran Introduction To Linguistics Melalui Vlog. dalam prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”. Jakarta: Universitas Muhammadiyah.

Liu, M. T., Liu, Y., Zhang, L. L., Liu, M. T., Liu, Y., & Zhang, L. L. (2019). Vlog and brand evaluations : the influence of parasocial interaction. https://doi.org/10.1108/APJML-01-2018-0021.

Mahameruaji, J. N., Puspitasari, L., Rosfiantika, E., & Rahmawan, D. (2018). Bisnis Vlogging dalam Industri Media Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15 (1), 61–74. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1007.

Mardiana. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Tingkat Pidana

Narkotika di Sulawesi Tenggara. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 2 (2): 109-122. DOI: 10.15575/cjik.v2i2.3659.

Martinus, H., & Chaniago, F. (2017). Analysis Of Branding Strategy Through Instagram With Storytelling In Creating Brand Image On Proud Project. Humaniora, 8 (3) : 201–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v8i3.3678.

Morrisan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Muhammad, A. (2017). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Cyber (Cybermedia). Jakarta: Penerbit Kencana.

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi Komunikasi sebagai Kegiata Komunikasi sebagai Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prastowo, A. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian Suatu Tinjauan Teoretis dan Praksis. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Teknologi Informasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 313-316.

Purwadi, P., Novianty, A., Deden, N., Lestari, Y. (2017). Local Tourism Promotion through Multilingual Vlog in Garut, Indonesia. The 5th Asian Academic Society International Conference, 1–5. https://doi.org/http://aasic.org/proc/aasic/article/view/303.

Raby, R., Caron, C., Théwissen-LeBlanc, S., Prioletta, J., & Mitchell, C. (2018). Vlogging on YouTube: the online, political engagement of young Canadians advocating for social change. Journal of Youth Studies, 21(4), 497–514. https://doi.org/10.1080/13676261.2017.1394995.

Sari, R. P. (2018). Representasi Identitas Perempuan dalam Video Blog sebagai Budaya Anak Muda (Studi Semiotika Vlog Gitasav di Youtube). AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. 03 (02), 157-167.

Schmittauer, A. (2017). Vlog Like a Boss. Jakarta: Kompas Gramedia.

Sugiono, S. dan Irwansyah (2019). Vlog sebagai Media Storytelling Digital Bagi Tokoh Publik Pemerintahan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

(2), 115 – 134.

Sumadiria, H. (2017). Jurnalistik Indonesia : Menulis Berita Dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Professional. Cet. Ke-3. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Wendratama, E. (2017). Panduan Membuat Konten Online yang Berkualitas dan Menarik. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Wolf, M., Sims, J., & Yang, H. (2018). Social media? What social media? Annual Conference of the UK Academy for Information Systems. Oxford.

Wulansari, I. (2014). Artikulasi Komunikasi Politik Ridwan Kamil dalam Media Sosial Twitter. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6 (2), 20–40.

https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v6i2.413.

Gumelar, R. G. (2013). Konvergensi Media Online. Lontar Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (2), 6-14.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.8758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Martha Tri Lestari, Lisa Aji Sasmita

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat