BILINGUALISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTER LIMBANGAN


Hetty Waluati Triana(1*), Mahyudin Ritonga(2), Yuke Alfi Zulyatmi(3)

(1) , Indonesia
(2) Magister Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat,  
(3) Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui bagaimana adanya proses bilingualisme dalam pembeljaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan, Di Pondok ini para santri dan santriwati diwajibkan untuk berbicara bahasa Arab dan tahap awal daripada keterampilan berbicara bahasa Arab adalah pembentukan lingkungan dan pembiasaan. Untuk meneliti bagaimana terjadinya proses bilingualisme dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di pondok ini, peneliti menggunakan metode deskriptif untuk menemukan data-data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada para beberapa pihak terkait, ditemukan beberapa hasil, diantaranya bahwa memang benar dalam proses pembelajaran bahasa Arab di pondok ini terdapat perpaduan bahasa atau bilingualisme yaitu bahasa Arab dan bahasa Indonesia dalam berbicata sehari-hari, namun hal ini menjadi suatu yang utama untuk membentuk pembiasaan dan menciptakan lingkungan berbahasa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bilingualisme tidak terjadi dengan sengaja melainkan bagian daripada proses pembelajaran bahasa di Pondok ini.

Keywords


Bilingualisme, Keterampilan berbicara bahasa Arab, Pondok Pesantren

References


Devianty, R. (2017). BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN. JURNAL TARBIYAH, 228.

Kartikasari, R. D. (n.d.). PENGGUNAAN BILINGUALISME PADA MASYARAKAT YANG BERWIRAUSAHA. PENA LITERASI, 51.

Riskal Fitri, S. O. (2022). PESANTREN DI INDONESIA: LEMBAGA PEMBENTUKAN KARAKTER. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 45.

Rahmanudin, I. (2022). FENOMENA CAMPUR KODE DALAM PERCAKAPAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MUTHMAINNATUL QULUB AL-ISLAMI CIBINONG BOGOR. Nady Al-Adab, 15.

Ihwan Mahmudi, Y. S. (2018). Evaluasi Program Billingual di Pondok Pesantren Darunnajah 2, Cipining Bogor. At-Ta'dib, 62.

Fildzah Arifah Yoda, Y. M. (2020). Campur Kode Bahasa Sunda Ke Dalam Bahasa Arab Pada Percakapan Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah Cigondewah Bandung. Hijai, 1.

Baiq Rizqi Utami Khalili, B. R. (2022). Pergeseran Bahasa Sasak Di Lingkungan Pondok Pesantren Ulil Albaab Nw. Journal Of Lombok Studies, 17.

moleong, L. H. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdiana, D. (2021). Bilingualisme dalam interaksi pemblejaran madrasah tsanawiyah pondok pesantren darussalam kecamatan mempawah hilir . Jurnal pendidikan dan pembelajaran : Khatulistiwa, 2.

Rohayati, E. (2022). Analisis Konstrastif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab . Taqdir, 116.

Fitranti, A. (2021). Kajian Literatur Implementasi Program Bilingual Pada Pendidikan Berbasis Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 171.

Rahayu, I. (n.d.). Bilingualisme Pada Masyarakat Desa Matanghaji. DEIKSIS, 105.

Nana Darna, E. H. (2018). MEMILIH METODE PENELITIAN YANG TEPAT: BAGI PENELITIAN BIDANG ILMU MANAJEMEN. EKONOLOGI, 288.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v7i2.39820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Yuke Alfi Zulyatmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343