Critical Review in the Application of the Concept of Qath'iy and Zhanny to the Qur’an and Hadith


Taryudi Taryudi(1*), Nabilah Nuraini(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ayat-ayat Alquran dalam klasifikasi qath'iy dan zhanniy memang bukan wacana baru. Ilmuwan muslim era klasik telah menginisiasi pembahasan qath'iy dan zhanniy dalam kerangka ijtihad dalam memahami teks-teks di era kontemporer, isu qath'iy dan zhanniy, meskipun pembahasannya telah didahului di era klasik, Disadari bahwa mereka masih menyisakan ruang untuk diskusi terkait kontekstualisme mereka daripada sekadar doktrin dogmatifnya. Dari perspektif otoritas keilmuan misalnya, ada pandangan yang mengisyaratkan bahwa masalah qath'iy dan zhanniy lebih tepat menjadi wacana ushul fiqh daripada ulum Al-Qurān dan bukan merupakan salah satu pokok bahasan. diskusi untuk muftassirin dalam proses interpretasi. Selain itu, menurut Imam As-Syatibi, pengkategorian ayat Alquran ke dalam qathiy dan zhanniy merupakan ijtihad ulama yang tidak harus dilihat secara dogmatis. Sehingga dalam pengertian dan penerapan qathiy dan zhanniy harus dipahami dalam pengertian yang lebih dinamis.


Full Text:

PDF

References


Abd Moqsith Ghazali, L. A., & Abshar-Abdalla, U. (2009). Metodologi Studi Al-Qur’an. PT Gramedia Pustaka Utama.

Akbar, F. H., & Rahmat, A. (2021). Kajian Analitik dan Epistemik Terhadap Corak Lughawī dan Kecenderungan I’tizāli Tafsir Al-Kasysyāf. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 1–13.

Al-Zuhaili, W. (1978). al-Wasith fi Ushul al-Fiqh al-Islami. Damaskus: Dar Al-Fikr.

Asy-Syafi’i, I. (2018). Ar-Risalah: Panduan Lengkap Fikih dan Ushul Fikih. Pustaka Al-Kautsar.

bin Zakariya, I. F. (1994). Mu’jam al-Maqayis fi al-Lughah, tahqiq Syihabuddin Abu ‘Amru. Cet.

Khaeruman, B. (2016). Al-Qaradawi dan Orientasi Pemikiran Hukum Islam untuk Menjawab Tuntutan Perubahan Sosial. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 227–238.

Mas’ udi, M. F. (2010). Pajak itu zakat: uang Allah untuk kemaslahatan rakyat. Mizan Pustaka.

Mu’at, S., Nofianti, L., Irfan, A., Rahmi, F., & Miftah, D. (2013). THE INTEGRATION OF ACCOUNTING SCIENCES IN THE DETERMINATION OF ZAKAH INHERITANCE.

Muhammadun, M. (2019). Konsep Ijtihad Wahbah Az-Zuhaili Dan Relevansinya Bagi Pembaruan Hukum Keluarga Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(11), 104–113.

Muslim, M. (2018). QATH’I-ZHANNI AL-SYATHIBI DALAM PEMBENTUKAN HUKUM ISLAM. Jurnal Wasathiyah, 2(1).

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual (Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad). Al-Bayan: Jurnal Studi AL-Quran Dan Tafsir, 1(1), 63–70. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.1668

Riyani, I., & Huriani, Y. (2017). Reinterpretasi Asbāb Al-Nuzūl bagi Penafsiran Al-Qur’an. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 113–130.

Rosihon, A. (2012). Ulumul Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.

Wanto, S. (2020). METODOLOGI KLASIFIKASI QATHIY DAN ZHANNIY MENURUT IMAM ASY-SYATHIBI. Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 401–414.

Zulaeha, E., & Dikron, M. (2020). Qira’at Abu ‘Amr Dan Validitasnya. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Zulaiha, E. (2017). Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma dan Standar Validitasnya. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 81–94.

Abd Moqsith Ghazali, L. A., & Abshar-Abdalla, U. (2009). Metodologi Studi Al-Qur’an. PT Gramedia Pustaka Utama.

Akbar, F. H., & Rahmat, A. (2021). Kajian Analitik dan Epistemik Terhadap Corak Lughawī dan Kecenderungan I’tizāli Tafsir Al-Kasysyāf. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 1–13.

Al-Zuhaili, W. (1978). al-Wasith fi Ushul al-Fiqh al-Islami. Damaskus: Dar Al-Fikr.

Asy-Syafi’i, I. (2018). Ar-Risalah: Panduan Lengkap Fikih dan Ushul Fikih. Pustaka Al-Kautsar.

bin Zakariya, I. F. (1994). Mu’jam al-Maqayis fi al-Lughah, tahqiq Syihabuddin Abu ‘Amru. Cet.

Khaeruman, B. (2016). Al-Qaradawi dan Orientasi Pemikiran Hukum Islam untuk Menjawab Tuntutan Perubahan Sosial. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 227–238.

Mas’ udi, M. F. (2010). Pajak itu zakat: uang Allah untuk kemaslahatan rakyat. Mizan Pustaka.

Mu’at, S., Nofianti, L., Irfan, A., Rahmi, F., & Miftah, D. (2013). THE INTEGRATION OF ACCOUNTING SCIENCES IN THE DETERMINATION OF ZAKAH INHERITANCE.

Muhammadun, M. (2019). Konsep Ijtihad Wahbah Az-Zuhaili Dan Relevansinya Bagi Pembaruan Hukum Keluarga Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(11), 104–113.

Muslim, M. (2018). QATH’I-ZHANNI AL-SYATHIBI DALAM PEMBENTUKAN HUKUM ISLAM. Jurnal Wasathiyah, 2(1).

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual (Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad). Al-Bayan: Jurnal Studi AL-Quran Dan Tafsir, 1(1), 63–70. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.1668

Riyani, I., & Huriani, Y. (2017). Reinterpretasi Asbāb Al-Nuzūl bagi Penafsiran Al-Qur’an. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 113–130.

Rosihon, A. (2012). Ulumul Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.

Wanto, S. (2020). METODOLOGI KLASIFIKASI QATHIY DAN ZHANNIY MENURUT IMAM ASY-SYATHIBI. Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 401–414.

Zulaeha, E., & Dikron, M. (2020). Qira’at Abu ‘Amr Dan Validitasnya. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Zulaiha, E. (2017). Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma dan Standar Validitasnya. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1), 81–94.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.11821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung