ALTERNATIVE WAQF MODEL FOR SDG-4 (QUALITY EDUCATION) IN THE ERA GLOBALIZATION


Setiawan Bin Lahuri(1*), Lailya Zahrotun Nabila(2), Sahnaz Emira Damanhuri(3)

(1) Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
(2) Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
(3) Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengelolaan wakaf untuk pendidikan di era globalisasi menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang signifikan. Tantangan utama termasuk regulasi yang berbeda-beda di setiap negara, kurangnya pemahaman masyarakat, serta isu transparansi dan akuntabilitas. Namun era globalisasi juga membuka peluang besar untuk pengelolaan wakaf yang lebih efektif melalui kolaborasi internasional, pemanfaatan teknologi digital, dan investasi berkelanjutan. Contoh-contoh sukses pengelolaan wakaf dapat dilihat di negara-negara seperti Malaysia, Turki, dan Arab Saudi. Universitas Islam Indonesia (UII) misalnya, telah berhasil mengelola wakaf tunai dan properti untuk mendukung kegiatan akademik dan pengembangan kampus. Sedangkan Pondok Modern Darussalam Gontor telah mengelola wakaf secara transparan dan terbuka, dengan administrasi yang modern dan produksi yang produktif. Dengan strategi yang tepat, wakaf dapat menjadi sumber daya yang kuat untuk mendukung pendidikan dan mencapai tujuan pembangunan yang lebih luas. Metode penulisan ini menggunakan library research dengan menggabungkan analisis studi literatur melalui pendekatan maqashid syariah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kompetensi pengelola wakaf serta sosialisasi mengenai potensi wakaf dalam pengembangan pendidikan Islam agar dapat memanfaatkan peluang globalisasi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan secara lebih luas.

Keywords


Wakaf, Pendidikan, Globalisasi, SDGs.

Full Text:

PDF

References


Adi, B., Ramadhani, A., & Prasetyo, R. F. R. (2023). Pendidikan Agama Islam Diera Globalisasi. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(6), 1262-1279.

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 375–385.

Arroisi, J. (2020). Manejemen Wakaf Pondok Gontor Analisis Model Pemeliharaan Pengembangan Waka Dan Kesejaterahan Umat. Ijtihad: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 14(2), 153–176.

Badan Pemeriksa Keuangan RI. (2022). Peran Badan pemeriksa Keuangan RI dalam SDGs. Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan RI.

Bayinah, A. N., Nurzaman, M. S., Samidi, S., Hayati, Nasution, A., & Permata, A. (2021). Perencanaan Wakaf. Jakarta: Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah

Falahuddin, F., Fuadi, F., & Ramadhan, M. R. (2019). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Wakaf Masyarakat di Kota Lhokseumawe. Jurnal EMT KITA, 3(2), 81. https://doi.org/10.35870/emt.v3i2.111

Hamidiyah, E., BWI, W. S., & BWI, S. L. K. (2023). Fundraising Wakaf Digital. Diakses dari: https://www.bwi.go.id/wp-content/uploads/2023/04/01-Emmy-Hamidiyah-Fundrising-Wakaf-Digital.pdf

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2021). Peta Jalan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas.

Khobir, A. (2009). Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Forum Tarbiyah, 7(1), 2–2.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550.

Mahendra. (2022). Waqf Management of Darussalam Modern Islamic Boarding School Campus 7 in the Development of Boarding School Manajemen Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Dalam Pengembangan Pondok Pesantren. Al-Risalah : Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 294–305. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v13i1.1868

Mu'allim, A. (2015). Pengaruh Pengelolaan Wakaf di Mesir Terhadap Pengelolaan Harta Wakaf Pendidikan di Indonesia. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 103-122.

Ngoya, M. F. (2015). Mengawal sustainable development goals (SDGs); meluruskan orientasi pembangunan yang berkeadilan. Sosioreligius, I(1), 77–88.

Padilah, A. N., & Dewi, D. A. (2023). Pancasila di Era Globalisasi dalam Memperkuat Moral untuk Membangun dan Memajukan Bangsa. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i11.245

Paryadi. (2021). Maqashid Syariah : Definisi Dan Pendapat Para Ulama. Cross-Border, 4(2), 201–216.

Purbowanti, A., & Muntaha, D. (2018). Wakaf Tunai Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. ZISWAF: Jurnal Zakat san Wakaf, 4(2), 209-228. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3042

Rahayu, A., Pebriani, E., Nopriani, H., Talia, J., & Julinda. (2023). Dampak era globalisasi terhadap karakteristik anak. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 211–215.

Rahmah, N. F. (2021). Manajemen Pengembangan Wakaf Era Digital Dalam Mengoptimalkan Potensi Wakaf. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam, 14(2), 139-154.

Rahman, I., & Widiastuti, T. (2020). Model Pengelolaan Wakaf Produktif Sektor Pertanian Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani (Studi Kasus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Penatarsewu Sidoarjo). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 486-498. https://doi.org/10.20473/vol7iss20203pp486-498

Rakhmat, A. S., & Beik, I. S. (2022). Pengelolaan Zakat dan Wakaf di Malaysia dan Turki: Studi Komparatif. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(1), 48–58. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i1.1077

Sunarti, D. (2017). Globalisasi dan Ketimpangan : Studi Kasus dari Ekonomi Berkembang. Reformasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 1–12.

Widianti, F. D. (2022). Dampak Globalisasi di Negara Indonesia. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 73–95. https://doi.org/10.38156/jisp.v2i1.122




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v6i1.43672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats