Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an


Azis Rizalludin(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tingkat keterampilan siswa dalam membaca al-Qur’an di SDIT Khaira Ummah Tanjungsari yang belum memenuhi indikator  pencapaian yang telah ditetapkan. Hal ini didasari atas pengamatan di lapangan yang peneliti lakukan di kelas III SDIT Khaira Ummah Tanjungsari tahun pelajaran 2016/2017. Terdapat sebanyak 10 siswa (40%) pada kategori tidak lancar membaca al-Qur’an (terbata-bata) dan 8 siswa (32%) berada pada kategori kurang lancar dalam membaca al-Qur’an dari total 25 siswa di kelas 3 SDIT Khaira Ummah Tanjungsari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an (Penelitian di Kelas III SDIT Khaira Ummah Tanjungsari). Yaitu menggambarkan desain pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi, menggambarkan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi di kelas 3 SDIT Khaira Ummah Tanjungsari. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview atau wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Desain pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi di SDIT Khaira Ummah Tanjungsari mencakup desain pengaturan guru, pengaturan siswa, pengaturan waktu dan tempat belajar serta desain materi ajar tahsin dan tahfiz al-Qur’an, Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi.

Keywords


Implementasi, pembelajaran, tahsin dan tahfid

Full Text:

PDF

References


Abdul Khaliq, A. (2006). Bagaimana Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Pustaka AlKautsar. Annuri, A. (2013). Panduan Tahsin Tilawah al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Kautsar. Anshori, A. (2014). Syarah Risalah al-Ubudiyyah. Jakarta: Dar Ibnul Jauzi. Az-Zawawi, Y. F. (2010). Revolusi Menghafal al-Qur’an. Surakarta: Insane Kamil. Badwilan, A. S. (2011). Panduan Cepat Menghafal al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press. Buckley Philip dan Irawan. (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). Hanapi, A. (2014). Materi Praktis Tahsin Tilawah Metode Tar-Q. Bandung: Tar-Q Press. Irawan. (2016). Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). Kurnaedi, A. Y. (2014). Tajwid Lengkap as-Syafi’i. Jakarta: Pustaka Imam asSyafi’i. Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Wahid, W. A. (2013). Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Jogjakarta: Diva press.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Azis Rizalludin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International