Market Driven Strategy to Increase the Number of People Interested in Universities


Randy Dwi Pranaputra(1*), Huriana Hotdi Ojahanna Munthe(2)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Minat calon mahasiswa baru terhadap Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada jalur SPAN PTKIN terus meningkat dalam lima tahun terakhir (2019 – 2023) terlebih pada tahun 2023 terjadi lonjakan hingga jumlah pendaftar mencapai 60.643 siswa. Lonjakan ini tidak terlepas dari strategi yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung untuk mempromosikan produknya sesuai dengan kebutuhan pasar kepada masyarakat secara umumnya dan calon mahasiswawa khususnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan strategi produk berdasarkan konsep market driven strategy dalam meningkatkan jumlah peminat calon mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada jalur SPAN PTKIN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif berdasar pada studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi non-partisipan, dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari senat universitas dan pegawai pada bagian penerimaan mahasiswa baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan berdasarkan teori pengembangan strategi produk berdasarkan konsep market driven strategy dari David W. Cravens, Nigel F. Piercy, dan Ashley Prentice sudah berjalan optimal, tetapi masih belum dioptimalisasikannya dimensi pemanfaatan merek yang dalam hal ini baru menggunakan strategi line extension dan brand extension.

Full Text:

PDF

References


Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. (2018). Strategi Pemasaran. In Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Garut.

Alshanty, A. M., & Emeagwali, O. L. (2019). Market-sensing capability, knowledge creation and innovation: The moderating role of entrepreneurial-orientation. Journal of Innovation and Knowledge, 4(3), 171–178. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.02.002

Anderson, N., Potočnik, K., & Zhou, J. (2014). Innovation and Creativity in Organizations: A State-of-the-Science Review, Prospective Commentary, and Guiding Framework. Journal of Management, 40(5), 1297–1333. https://doi.org/10.1177/0149206314527128

Arpah, S. (2021). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru di STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 1(1), 18–29. https://stainwsamawa.ac.id/jurnal/index.php/al-bayan/article/view/13

Bayu, D. (2022). Survei: Mayoritas Warga Ingin Anaknya Melanjutkan Kuliah S1. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/survei-mayoritas-warga-ingin-anaknya-melanjutkan-kuliah-s1

Bernacki, M. L., Greene, J. A., & Crompton, H. (2020). Mobile Technology, Learning, and Achievement: Advances in Understanding and Measuring The Role of Mobile Technology in Education. Contemporary Educational Psychology, 60. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101827

Cravens, D. W., Piercy, N. F., & Prentice, A. (2000). Developing Market-driven Product Strategies. Journal of Product & Brand Management, 9(6), 369–388. https://doi.org/10.1108/10610420010356975

Dariyanto, E. (2021). Setiap Tahun 3,7 Juta Pelajar Lulus SMA, Hanya 1,8 Juta yang Bisa Kuliah. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5623865/setiap-tahun-3-7-juta-pelajar-lulus-sma-hanya-1-8-juta-yang-bisa-kuliah

Fauzi, H. (2023). Peminat PTKIN Terus Meningkat. Kemenag.Go.Id. https://kemenag.go.id/nasional/peminat-ptkin-terus-meningkat-8lwmnw

Harwani, Y., Suharjo, B., Nurmalina, R., & Suprayitno, G. (2018). Minat Pemilihan Perguruan Tinggi dan Peran Kelompok Referensi serta Komunikasi Pemasaran Terintegrasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 186–207. https://doi.org/10.22441/jurnal_mix

Hasanah, A. (2023). Communication Strategy in Attracting Public Interest Based on Pesantren. Journal of Reserrch in Educational Management, 2(1), 20–27. https://journal.literasantri.com/index.php/jrem/article/view/54

Hefni, W. (2021). SPAN-PTKIN 2021 Telah Diumumkan, Cek di sini. Kemenag.Go.Id. https://www.kemenag.go.id/nasional/span-ptkin-2021-telah-diumumkan-cek-di-sini-rwn7ms

Hitka, M., Ďurian, J., Lorincová, S., & Dúbravská, B. (2021). Influence of selected macroeconomic indicators on employee motivation. E&M Economics and Management, 24(3), 4–22. https://doi.org/10.15240/TUL/001/2021-03-001

Hitka, M., Rózsa, Z., Potkány, M., & Ližbetinová, L. (2019). Factors forming employee motivation influenced by regional and age-related differences. Journal of Business Economics and Management, 20(4), 674–693. https://doi.org/10.3846/jbem.2019.6586

Imran, M., Lubis, D. P., & Ginting, B. (2015). Analisis Kepuasan Mahasiswa Baru Terhadap Komunikasi Layanan Kemahasiswaan (New Student Satisfaction Analysis of Communication Services Student). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 13(1). https://doi.org/10.46937/13201510379

kemdikbud.go.id. (2022). Kemendikbudristek Tingkatkan Kualitas Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Penyelerasan Skema SMPTN. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/09/kemendikbudristek-tingkatkan-kualitas-penerimaan-mahasiswa-baru-dengan-penyelerasan-skema-smptn

kemenag.go.id. (2023). 75.362 Siswa Lulus SPAN-PTKIN 2023, Ini 10 Kampus Paling Diminati. Kemenag.Go.Id. https://kemenag.go.id/pers-rilis/75-362-siswa-lulus-span-ptkin-2023-ini-10-kampus-paling-diminati-eYz5L

Kusuma, Y. A. (2023). Penerapan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas XYZ. Journal of Industrial & Quality Engineering, 11(1), 33–44. https://doi.org/10.34010/iqe.v11i1.8405

Kusumadewi, R. A., & Ramdan, A. (2022). Penerapan Konsep 7P sebagai Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa di STAI Darussalam Kunir. ICoIS: International Conference …, 3(2), 434–440. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/159

Latham-Green, T. (2015). Competitive advantage: The importance of adaptability. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30813.03044

Malarangan, H., Salim, M., & Haekal, A. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 75–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (Fourth). SAGE Publications.

Nulufi, K., & Murwartiningsih. (2015). Minat Beli sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.15294/maj.v4i2.7813

Nurazizah, Putri, S. J. A., Muftirah, A., & Irmayanti. (2023). Daya Tarik Mahasiswa dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.35141/jie.v6i1.655

Retnoningsih, Y. D., & Marom, A. (2017). Analisis Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Uang Kuliah Tunggal Bagi Perguruan Tinggi Negeri Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.14710/jppmr.v6i2.16064

Rubio, Z. A., Acosta, J. F., Banaitis, A., & Ferreira, F. A. F. (2022). Managing Communication and. E&M Economics and Management, 25(2), 75–92. https://doi.org/10.15240/tul/001/2022-2-005

Shen, C., & Ho, J. (2020). Technology-enhanced Learning in Higher Education: A Bibliometric Analysis with Latent Semantic Approach. Computers in Human Behavior, 104. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106177

suakaonline.com. (2020). Kampusiana MKS UIN Bandung Jurusan Paling Diminati di Jalur SPAN-PTKIN. Suakaonline.Com. https://suakaonline.com/mks-uin-bandung-jurusan-paling-diminati-di-jalur-span-ptkin/

Syukri, & Sumarni. (2020). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (JKO), 2(1), 43–52. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jko/article/download/6064/3827

tribunnews.com. (2019). Span-ptkin.ac.id- Jadwal dan Cara Daftar SPAN-PTKIN 2019: Ini Jurusan dan Kampus Paling Diminati. Tribunnews.Com. https://makassar.tribunnews.com/2019/01/31/span-ptkinacid-jadwal-dan-cara-daftar-span-ptkin-2019-ini-jurusan-dan-kampus-paling-diminati?page=all

uinsgd.ac.id. (2022). 5 PTKIN dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak SPAN-PTKIN 2022. Uinsgd.Ac.Id. https://uinsgd.ac.id/5-ptkin-dengan-jumlah-pendaftar-terbanyak-span-ptkin-2022/

Urbancova, H., Vrabcova, P., Pacáková, Z., & Janků, Š. (2023). Top-down internal communication and its importance for the sustainability of agricultural organizations from the perspective of Tomas Bata;s management philosophy. PLoS ONE, 18(9), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0291087

webometrics. (n.d.). No Title.

Wijaya, N. P. N. P., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2023). Pengaruh Word of Mouth dan World Class University terhadap Pemilihan Perguruan Tinggi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 43–54. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.2683

Zahrah, H., Nurmadiah, N., Maisah, M., & Fadhilah, F. (2023). Strategi Perguruan Tinggi Islam dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus di Universitas Islam Indragiri Tembilahan Riau). Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 149–164. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i1.1120




DOI: https://doi.org/10.15575/jbpd.v6i2.42814

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jbpd.v6i2.42814.g12220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Randy Dwi Pranaputra, Huriana Hotdi Ojahanna Munthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Ministrate: Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah
Has Been Indexed on:

Indeks Harvard    
    
      

 


Ministrate : Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International