MEMBANGUN KESADARAN LITERASI KEUANGAN DAN KEBIASAAN MENABUNG ANAK DI TPQ NURURROHMAH


Ita Dwijayanti(1*), Zulfa Aminatul Mualifah(2), Noviya Febriyana Putri(3), Muhammad Setyabudi Rosyada(4), Ninis Salsabila Maharani(5)

(1) UIN Salatiga, Indonesia
(2) UIN Salatiga, Indonesia
(3) UIN Salatiga, Indonesia
(4) UIN Salatiga, Indonesia
(5) UIN Salatiga, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi keuangan sangat penting bagi individu untuk membuat keputusan yang tepat terkait sumber daya keuangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kebiasaan menabung pada anak-anak usia 3-15 tahun di TPQ Nururrohmah, sebuah pusat pendidikan berbasis komunitas di Indonesia. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, kami meneliti efektivitas program pengabdian masyarakat dalam mengajarkan konsep dan manfaat menabung kepada anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar anak memahami pentingnya menabung, mereka belum memiliki kebiasaan menabung secara rutin. Penelitian ini menekankan perlunya motivasi, fasilitas tabungan yang mudah diakses, dan pendidikan sistematis tentang manfaat menabung. Program ini disambut dengan antusias oleh anak-anak dan guru, menunjukkan adanya minat yang kuat untuk mengadopsi sistem tabungan yang lebih terstruktur. Dengan menanamkan literasi keuangan dan kebiasaan menabung sejak dini, anak-anak dapat diberdayakan untuk mengelola keuangan dengan bijak, menghindari perilaku konsumtif, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan keuangan di masa depan. Temuan ini memiliki implikasi bagi pembuat kebijakan, pendidik, dan orang tua yang berupaya mempromosikan literasi keuangan dan perilaku keuangan yang bertanggung jawab pada anak-anak.

Keywords


Menabung, literasi keuangan, anak-anak, kesadaran

References


Agusti, A., Edriani, D., & Rahim, H. (2023). Edukasi Literasi Keuangan pada Anak-Anak TPQ Baitul Muttaqin Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 4(1), 7–12.

Ahmad, M., & Fauzi, L. (2019). Efektivitas Program Literasi Keuangan pada Anak-Anak di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 123–134.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Ardiana, M. (2019). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku menabung Siswa SMK Se Kota Kediri. Sustainability (Switzerland, 11(1), 1–14.

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Competition for California Water: Alternative Resolutions, 01, 92–101.

Gani, A. R. A., Soviah, O. F., & Rahmawati, R. (2019). Penyuluhan Membangun Kesadaran Menabung Sejak Dini Pada Siswa SDN 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5452/3663

Hasanah, N. (2019). Penerapan Literasi Keuangan Berbasis Nilai Islam pada Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 289–301.

Hassan, R., & Nasir, A. (2020). Integrating Financial Literacy in Islamic Education: A Case Study of Pedagogical Practices in Religious Schools. Journal of Islamic Education Studies, 12(3), 45–58.

Hukubun, R. D., Tomasoa, M., Satumalay, V. N., Sanduan, F., Krisye, K., Fendjalang, S. N. M., & Soukotta, I. V. T. (2023). Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah Di Negeri Leahari. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(3), 93–97.

HUSTON, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2). https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.

Mandell, L., & Klein, S. (2009). Dampak Pendidikan Literasi Keuangan tentang Perilaku Keuangan Selanjutnya Machine (Google (trans.); Vol. 206).

Merriam, S. B., & Caffarella, R. S. (1999). Learning in Adulthood: A Comprehensive Guide. Jossey-Bass.

Ningrum, P. W., Sari, N. D. P., Wasitaningsih, C., & Astuti, E. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1, 351–361. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2361/2047

OECD. (2018). OECD/INFE Toolkit for Measuring Financial Literacy and Financial Inclusion. OECD Publishing.

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 296–301. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3631

Putri, W. E. C., & Apriani, A. (2022). Edukasi Pengelolaan Keuangan Dan Pentingnya Menabung Sejak Dini. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts.

R, H. (2020). Integrasi Literasi Keuangan dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(3), 45–55.

Siti, Z., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Kebiasaan Menabung Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Lingkungan TPQ. Jurnal Pendidikan Nonformal, 18(1), 67–78.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulalitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Wahyuti, S., Nasrun, A., & Zannati, S. L. (2023). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini untuk Bekal Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, 1(1), 16–19. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/79-Article Text-146-1-10-20230811.pdf




DOI: https://doi.org/10.15575/prestise.v4i2.39952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ita Dwijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Google Scholar

Garuda