Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Peran Agrowisata


Husni Mubarok(1*), Dang Eif Saeful Amin(2), Ali Aziz(3)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati,  
(2) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Wisata kini telah menjamur di berbagai daerah, termasuk di Sumedang yaitu Kampoeng Ciherang sebagai bentuk komitmen swadaya masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonominya. Namun seringkali desa wisata tidak berjalan baik karena SDM yang belum terlatih, maka dibutuhkan suatu pemberdayaan terhadap beberapa aspek agar desa wisata mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pelatihan, peran fasilitator serta pembiayaan, peran fasilitator untuk pemasaran agrowisata dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberdaaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata di Kampoeng Ciherang berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat kerena terbukanya lapangan pekerjaan. Melalui peran pelatihan berupa pelatihan budidaya tanaman, ikan nila, ekonomi kreatif. Peran fasilitator dalam pembiayaan yaitu pemerintah desa didukung oleh investor dalam pembangunan lahan destinasi wisata berbasis agrowisata. Peran fasilitator untuk pemasaran mengalami kemajuan karena dilakukan melalui media sosial dan media cetak sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Keywords


Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Peran; Agrowisata.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin, & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Afriyani, M. (2017). Hubungan Kecerdasan Kecemasan Menghadapi. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Mercu Buana Yogyakata.

Aliyudin. (2016). Dakwah bi al-Hal Melalui Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 15(2), 187-206.

Andry, S., Triana, D., Rivananda, R., & Iswoyo, H. (2017). Potensi pengembangan kawasan MOI sebagai RTH hutan kota dan kawasan agroeduwisata perkotaan. Hasanuddin Student Journal, 22-33.

Arifin, H.S. (1992). Beberapa Pemikiran Pengembangan Agrowisata pada Kawasan Cagar Budaya Betawi di Condet, Jakarta Timur. Makalah Seminar Wisata Agro. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Azis, A. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Aziz, R. (2010). Dakwah Dalam Paradigma Pemberdayaan Masyarakat Muslim. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(16), 117-142.

Budiarti, T., & Muflikhati, I. (2013). Pengembangan agrowisata berbasis masyarakat pada usahatani terpadu guna meningkatkan kesejahteraan petani dan keberlanjutan sistem pertanian. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 18(3), 200-207.

Damayanti, R. (2016). Hiperealitas Wacana Persuasi Iklan Kartu Telepon Seluler. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 3(1), 73-90.

Fadillah, R. (2006). Panduan Peternakan Ayam Broiler Komersial. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Gerungan W.A. (1991). Psikologi Sosial. Bandung: PT Eresco.

Ghorbani, H., Emamgolizadeh, S., Bateni, S. M., Shahsavani, D.,

Ashrafi, T. (2015). Estimation of soil cation exchange capacity using genetic expression programming (GEP) and multivariate adaptive regression splines (MARS). Journal of Hydrology, 529, 1590-1600.

Hakim, L., & Malik, I. (2012). Strategi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Agrowisata di Kabupaten Bantaeng. Jurnal Ilmu Pemerintahan, II(2), 191–200.

Handayaningrat, S. (1990). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.

Khairul. (1997). Perencanaan Lanskap Agrowisata Cilantung, Parung, Bogor, Jawa Barat. Skripsi. Jurusan Budi Daya Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prehal Indo.

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Mubyarto. (1998). Pengantar Ekonomi Pertanian, Edisi III. Jakarta: LP3ES.

Nestorosk, I. (2012). Identifying tourism potentials in Republic of Macedonia through regional approach. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 44, 95-103.

Nugroho, I. (2011). Ekowisata Dan Pembangunan Berkelanjutan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Safei, A. A. (2018). Sosiologi Islam Transformasi Sosial Berbasis Tauhid. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Safei, A. A., & Machendrawaty, N. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam Dari Ideologi, Strategi dan Tradisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saifuddin, A. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saparinto, C. (2008). Panduan lengkap gurami. Penebar Swadaya Grup.

Setiawan, H. (2017). Manajemen Komunikasi Dompet Ummat dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 89-110.

Siregar. (2017). Analisis Proses Rekrutmen Karyawan Pada Madani Hotel Medan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Sisira, N (2011) Social media and its role in marketing, International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, ISSN (Online) : 2230-8849.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtawinata & Fachruddin. (1999). Daya Tarik dan Pengembangan Agrowisata. Jakarta: Penebar Swadaya.

Veeger, K. J. (1993). Realitas Sosial, Refleksi Filsafat Sosial atas Hubungan Individual Masyarakat Sosiologi. Jakarta: Gramedia.

Wrihatnolo & Dwidjowijoto. (2007). Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yuliana, I. (2010). Investasi Produk Keuangan Syariah. Malang: UIN-Maliki Press.

Yusuf, B. (2022). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Implementasi Program Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Di Agrowisata Sirah Kencong Kabupaten Blitar. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.15575/tamkin.v8i1.43354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam is Indexed By:

Google Scholar

Diterbitkan oleh Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Dakwah dan komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
Jln. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Indonesia 40614 Phone: +62 22-7802844

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistic 

View My Stats