Istirātijiyyah al-Ta’allum al-Iktisyāfī fī Ta’līm Mahārah al-Qirā’ah al-Iftirādlī Laday Thalabah al-Madrasah al-Tsānawiyyah al-Hukūmiyyah al-Ūla bi Madīnah Malang


Abdul Aziz(1*), Faisal Mahmoud Adam Ibrahim(2), Umi Zahroh Malichayati(3)

(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
(2) Universitas Al-Quran Al-Karim Khortoum Sudan, Sudan
(3) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berangkat dari keunikan siswa MAN 1 Kota Malang yang menggunakan cara belajar Maharah Qira’ah dengan model Discovery Learning dengan kemampuan belajar mandiri yang baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran strategi belajar, proses kegiatan belajar mengajar, dan kelebihan serta kekurangan yang ditimbulkan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subyek penelitian kelas XI-MIPA 2 yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran online bukan menjadi kendala belajar, terbukti bahwa model pembelajaran Discovery Learning pun dapat terlaksana dengan baik dalam pembelajaran Maharah Qira’ah secara virtual. Adapun kelebihannya siswa tetap merasa semangat karena dapat dengan bebas mengeksplorasi kemampuan mereka, tidak hanya ketika Kegiatan Belajar Mengajar tetapi juga kreatifitas belajar mandiri dan berkarya. Kekurangannya terbatas waktu jam pelajaran virtual sehingga mempengaruhi kedalaman pemahaman siswa.


Full Text:

PDF

References


Ana, N. Y. 2018. "Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa di Sekolah Dasar", Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, Article 1.

Chaeruman, U. A. 2007. "Suatu Pendidikan Dengan Sistem Belajar Mandiri", Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 6, No. 2, hlm. 7–37.

Chaeruman, Uwes Anis. 2017. "Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring", Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti.

Depdikbud, 2014. (n.d.). http://www.kemdikbud.go.id Diakses pada 25 April 2021.

Gusnidar, N. 2020. "Penggunaan Model Guide Discovery dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya terhadap Maharah Al-Kalam. Inovasi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, Article 2.

Lapan, S. D., Quartaroli, M. T., & Riemer, F. J. 2011. Qualitative Research: An Introduction to Methods and Designs. John Wiley & Sons.

MAN 1 Kota Malang. (n.d.). http://man1kotamalang.sch.id/, Diakses pada 20 April 2021, from

Permata, A., & Bhakti, Y. B. 2020. "Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19", JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), Vol. 4, No. 1, hlm. 27–33.

Pratiwi, F. A., Hairida, & Rasmawan, R. 2014. "Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA", Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 3, No. 7, Article 7.

Qisymir. 2019. Atsar al-Tadri>s bi Istikhda>m Istira>ti>jiyyah al-Ta'allum bi al-Iktisya>f 'ala> Tahshi>l T{alabah al-Mada>ris al-Huku>miyyah al-Falast{i>niyyah Wijhati Nadhri Mu'allimi>him, Majallah at-Tamki>n al-Ijtima>'i>, Vol. 1, No. 3, hlm. 17-40.

Suardana, I. K. 2012. "Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa", Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 45, No. 1.

Suendartia, M. 2017. "The effect of learning discovery model on the learning outcomes of natural science of junior high school students Indonesia", International Journal of Environmental & Science Education, Vol. 12, No. 10, hlm. 2213–2216.

Sugiyono, P. D. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Supinah & Agus, D. W. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Widyastuti, E. S. 2015. "Penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi konsep ilmu ekonomi" Prosiding Seminar Nasional 9, hlm. 33–40.

Windarsih, C. A. 2017. "Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini", Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 1, hlm. 20–29.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.