Istirātījiyyat al-Ta’allum al-Dzāti fī Ta’līmi Mahārati al-Kitābati 'abra al-Ta’allum al-Iliktronī


Moh Zawawi(1*)

(1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran di era digital mengharuskan pengajar dan pembelajar untuk mengenal teknologi. Kemajuan sebuah instutusi Pendidikan saat ini juga dapat diukur dari fasilitas yang mereka sajikan. E-learnimg menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh institusi Pendidikan yang aplikasinya sangat mendukung untuk proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran mandiri  dalam pembelajaran maharah kitabah melalui platform e-learning serta kelebihan dan kekurangnya. Implementasi dari pembelajaran mandiri ini meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kelebihan penggunaan e-learning adalah melatih mahasiswa untuk mengatur waktu dan  bertanggungjawab, mahasiswa dapat mengambil pelajaran, pembelajaran mandiri lebih efktif. Sedangkan kekurangnya adalah boros kuota, dosen merasa kesulitan dalam memberikan feed back atas tugas mahasiswa dan tidak ada tatap muka.


Full Text:

PDF

References


Ainin, M., M. Tohir., dan I. A. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Al-adwan, A., & Smedley, J. 2012. IMPLEMENTING E-LEARNING IN THE JORDANIAN HIGHER EDUCATION SYSTEM: FACTORS AFFECTING IMPACT. International Journal of Education & Development Using Information & Communication Technology, Vol. 8, No. 1, hlm. 121–135.

Al-Khawli, M. ’Ali. n.d.. Asālīb al-Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyya. Matābi’ al-Farazdiq al-Tijāriyyah.

Al-Rasyidī, B. 2020. ATSĀR AL-TA’ALLUM AL-ILIKTRONĪ FĪ TAHSĪNI MAHĀRATI AL-TA’ALLUM AL-DZĀTĪ LADAY TOLABATI TAQNIYĀTI AL-TA’LĪM WAL ITTISHĀL FĪ JĀMI’ATI HĀIL. IUGJEPS, Vol. 28, No. 1, hlm.141–161. https://journal.iugaza.edu.ps/index.php/IUGJEPS/article/view/5025

Damayanti, L. 2020. IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PENDIDIKAN TINGGI PARIWISATA DI BALI SELAMA PANDEMI COVID-19. JOURNEY, Vol. 2, No. 2, hlm. 63–82. https://doi.org/https://doi.org/10.46837/journey.v2i2.48

Elyas, A. H. 2018. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Warta, Vol. 56, hlm. 1–11.

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4

Hamka. 2015. PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA IAIN PALU. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol. 12, No. 1, hlm. 95–119.

https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.383.95-119

Haryanto, S. 2018. Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning Berbasis Schoology. Seminar Nasional GEOTIK 2018, hlm. 106–110.

http://hdl.handle.net/11617/9852

Hidayat, T., & Asyafah, A. 2019. KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1, hlm. 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Husni, A.-Q. H. 2018. DAWRU AL-MU’ALLIM FĪ TANMIYATI MAHĀRĀTI AL-TA’ALLUMI AL-DZĀTĪ AL-MUSTAMIR LADAY AL-THULABAH FĪ AL-MADĀRISI AL-HUKUMIYYATI BIFALESTĪN. Jāmi’ah Al-Quds Al-Maftuhah Lil-Abhāts Wa Al-Dirāsat Al-Tarbawiyyah Wa Al-Nafsiyyah, Vol. 26, hlm. 118–136. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.2528740

Jamel, A. R. 1998. Al-Ta’allum al-Dzāti bil-Mūdiyūlāt al-Ta’līmiyyah. Oman: Dār al-Manāhij.

Karwati, E. 2014. PENGARUH PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING) TERHADAP MUTU BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 17, No. 1, hlm. 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Linur, R., & Mubarak, M. R. 2020. FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PENGEMBANGAN MAHARAH KITABAH. NASKHI, Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab), Vol. 2, No. 1. hlm. 8–18.

http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi/article/view/154/205

Maghfiroh, D. L., & Zawawi, M. 2021. KONFLIK SOSIAL DALAM NOVELAIB DAN NASIB KARYA MINANTO BERDASARKAN PERSPEKTIF GEORGE SIMMEL. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, Vol. 7, No. 1, hlm. 173–197.

https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15634

Mudjiman, H. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Mufidah, N., & Mohammad Idrees, M. U. H. 2020. SELF-LEARNING STRATEGY IN TEACHING SPEECH SKILLS TO FACE COVID 19, Ijaz Arabi: Journal of Arabic Learning, Vol. 3, no. 1, hlm. 33–45.

https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.10154

Mulyadi, M. 2012. Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (Serta Praktek Kombinasinya dalam Penelitian Sosial), edisi III. Ypgyakarta: Nadi Pustaka.

Mutia, I., & Leonard. 2013. KAJIAN PENERAPAN E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. Faktor Exacta, Vol. 6, No. 4, hlm. 278–289.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v6i4.239

Nadziroh, F. 2017. ANALISA EFEKTIFITAS SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING. JIKDISKOMVIS, Vol. 2, N0. 1, hlm. 1-14. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/28

Nuraeni, N. 2019. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA LEMBAGA PENDIDIKAN, Idaarah, Vol. 3, No. 1, hlm. 124–137.

https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9792

Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. 2017. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pkbm Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 13, N0. 1, hlm. 23–36.

Rubāba’ah, I. ‘Ali. 2015. Mahārat al-Kitābah wa Namūdzaj Ta’līmihā. Riyadh: al-Alūkah.

Sitti Kuraedah. 2015. APLIKASI MAHARAH KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari, Vol. 8, No. 2, hlm. 82-98.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.412

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supratman, E., & Purwaningtias, F. 2018. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, Vol. 3, No. 3, hlm. 310–315. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958

Tu’aymah, R. A. 2004. Al-Maharāt al-Lughawiyyah: Mustawayātihā, Tadrīsiha, Shu’ubatīha. Cairo: Dār al-Fikri al-‘Arabī.

Yodha, S., Abidin, Z., & Adi, E. 2019. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNING DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN SISTEM INFORMASI MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 2, N0. 3, hlm. 181–187.

https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p181




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.14516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.