Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa


Nopia Wanti(1*), Juariah Juariah(2), Ehda Farlina(3), Rahayu Kariadinata(4), Hamdan Sugilar(5)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Triyasa yang masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma, (b) kemampuan penalaran matematis, (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D, E, dan F SMP Triyasa Bandung yang menggunakan desain Penelitian KuasiEksperimen pada pokok bahasan Segiempat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Gambaran proses pelaksanaan pembelajaran melalui gambaran aktivitas siswa dan aktivitas guru berdasarkan pengamatan observer secara umum terlaksana dengan cukup baik; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba, pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut terdapat antara model pembelajaran induktif Taba dengan pembelajaran konvensional dan antara pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model induktif Taba dan induktif Sharan-Sharma menunjukkan sikap negatif.

Full Text:

PDF

References


Ariany, R.L. 2014. Penerapan Starategi Pembelajaran Multiple Inteligence Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Tesis SPs UPI. Bandung:Tidak diterbitkan.

Armiati. 2011. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis, dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi pada PPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Dahiana, W.O. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan

Generalisasi Matematis Siswa MTs melalui Pendekatan Induktif-Deduktif Berbasis Konstruktivisme. Tesis SPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Kariadinata, R. 2011. Statistika Penelitian Pendidikan dilengkapi Pengolahan Data dengan program SPSS. Bandung: Insan mandiri.

Mayadiana, D. 2011. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan

Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru SD Melalui Pembelajaran

dengan Pendekatan Induktif. Disertasi pada PPs UPI. Bandung: Tidak

diterbitkan.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.

Pintrich, P.R. dan De Groot, E. 1990. Motivational and Self-Regulated

Learning Component of Classroom Academic Performance.JournalofEducational

Psychology 19,Vol. 82, No.1,33-40 http://rhartshorne.com/fall-

/eme6507-rh/cdisturco/eme6507-eportfolio/documents/pintrich%20and

%20degroodt%201990.pdf




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id