Implementasi Advance Organizer Dan M-Apos Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis


Siti Rohimah(1*), Juariah Juariah(2), Iyon Maryono(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan
pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran Advance Organizer
dan M-APOS. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan
populai sembilan kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster
random sampling, sehingga diperoleh 3 kelas. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui: (a) Kualitas penerapan model pembelajaran Advance Organizer
dan M-APOS; (b) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis
siswa; (c) Sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Advance
Organizer dan M-APOS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes kemampuan pemahaman matematis, lembar observasi, dan skala sikap.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan: (a) Kualitas penerapan
model pembelajaran Advance Organizer dan M-APOS terkategori baik; (b)
Hasil analisis gain ternomalisasi menggunakan uji ANOVA, dilanjutkan
dengan analisis post hoc yaitu dengan uji Scheffe, didapat bahwa kemampuan
pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MAPOS
lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran Advance
Organizer dan pembelajaran konvensional; (c) Sebagian besar siswa
memberikan respon positif terhadap model pembelajaran Advance Organizer
dan M-APOS.


Full Text:

PDF

References


Arnon, I., Cottrill, J., Ed Dubinsky, Oktac,A., Fuentes, S.R., Trigueros, M. &Weller, K. (2014). APOS Theory: AFramework for Research andCurriculum Development inMathematics Education. New York:Springr.

Joyce, Bruce., Marsha Weil., & EmilyCalhoun. (2016). Models of

Teaching. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Lestari, K. E., & Yudhanegara M. R.(2015). Penelitian Pendidikan

Matematika. Bandung: Aditama.

Maier, H. (1982). Kompendium DidaktikMatematika. Bandung: Remadja Karya.

Marlis. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing terhadap KonsistensiKonsepsi dan Peningkatan Pemahaman Konsep Luida Statis Siswa SMA. Tesis. UniversitasPendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

MSEB (Mathematical Sciences Education Board). (1998). High school

mathematics at work : essays and examples for the education of all

students. Washington, D.C.: National Academy Press.

Murizal, Angga., Yarman.,& Yerizon. (2012). “Pemahaman Konsep

Matematis dan Model Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1, No. 1. h. 19 s.d. 21.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Rahmawati, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Tesis.Universitas Pendidikan Indonesia:Tidak diterbitkan.

Stone, C. L. (1983). A Meta-Analysis of Advance Organizer Studies. The Journal of Experimental Education, 51:4, 194-199, DOI:

1080/00220973.1983.11011862 Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id