Prinsip Kearifan Lokal dalam Pengembangan Strategi Kehumasan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung


Betty Tresnawaty(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Public Relations of the Bandung Regency Government realizes that its area has a lot of potential for various local wisdom and has a heterogeneous society. This study aims to explore and analyze the values of local knowledge in developing public relations strategies in the government of Bandung Regency, West Java province. This study uses a constructivist interpretive (subjective) paradigm through a case study approach. The results showed that the Bandung Regency Government runs its government based on local wisdom. Bandung Regency Public Relations utilizes local insight and the region's potential to develop a public relations strategy to build and maintain a positive image of Bandung Regency. The impact of this research is expected to become a source of new scientific references in the development of public relations strategies in every region of Indonesia, which is very rich with various philosophies.

Humas Pemerintah Kabupaten Bandung menyadari wilayahnya memiliki banyak potensi kearifan lokal yang beragam, serta memiliki masyarakatnya yang heterogen. Penelitian ini bertujuan menggali dan menganalisis nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan strategi kehumasan di pemerintahan Kabupaten Bandung provinsi Jawa Barat.  Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif (subjektif) konstruktivis melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menjalankan pemerintahannya berlandaskan pada kearifal lokal. Humas Pemkab Bandung memanfaatkan kearifan lokal dan potensi wilayahnya untuk mengembangkan strategi humas dalam membangun dan mempertahankan citra positif Kabupaten Bandung.Dampak penelitian ini diharapkan menjadi sumber rujukan ilmiah baru dalam pengembangan strategi kehumasan di setiap daerah Indonesia yang sangat kaya dengan beragam filosofi.

 

Keywords


Strategy; Public Relations; Local Wisdom; Bandung Regency.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, L. (2002) Teori dan profesi kehumasan. Serta Aplikasinya di Indonesia: Jakarta. Bumi Aksara.

Budiana, H. R., Bajari, A., & Mulyawan, R. (2020). Transformasi nilai Sabilulungan dalam aktivitas komunikasi pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 42-56. DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23768

Christin, M., & Fauzan, S. F. (2013). City Branding Kota Bandung melalui Bus Bandros. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Telkom, 7(2), 87-92. https:// journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/1089/1813

Cutlip, C. & Broom (2006) Effective Public Relations. Kencana Media Group

DN, K. (2017) Sabilulungan untuk Negeri; Revitalisasi, Internalisasi, dan Implementasi. Bandung: Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.

Effendy, O. U. (2003) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Elyas, L (2016) Bupati Purwakarta dan Walikota Bandung Raih Anugerah Kebudayaan pada HPN 2016 di Lombok, diakses tanggal 5 September 2020 melalui https://www.tarungnews.com/berita-foto/4724/bupati-purwakarta-dan-walikota-bandung-raih-anugerah-kebudayaan-pada-hpn-2016-di-lombok.html

Herlina, S. (2015) Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 4 (3). https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/132/167

Hidayat, D., & Zubair, H. (2014). Representasi Nemui-Nyimah sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal: Perspektif Public Relation Multikultur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 90-102. https:// jkms.ejournal.unri.ac.id

Humas Pemkab Bandung (2019) Program Sejuta Muzaki Kembali Digaungkan. Diakses tanggal 05 September 2020 Melalui

Husen, A. P. (2019) Filosofi Sabilulungan Dalam Konteks Pembangunan Jemaat Di Gkp Lembang. Thesis. Universitas Kristen Duta Wacana Yogjakarta.

Indrawardana, I. (2012). Kearifan lokal adat masyarakat Sunda dalam hubungan dengan lingkungan alam. Komunitas: International Journal of Indonesian Society And Culture, 4(1). DOI: https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i1.2390

Kasmirus, W. (2013) Peran Kehumasan dalam Membangun Citra Pemerintah di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Administrasi Reform. 1 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jar.v1i1.458

Kodariah, S., & Gunardi, G. (2015). Nilai Kearifan Lokal dalam Peribahasa Sunda: Kajian Semiotika. Patanjala, 7(1), 113-130. DOI: 10.30959/patanjala.v7i1.88

Lubis, E.E. (2012) Peran Humas dalam Membentuk Citra Pemerintah dalam Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jar.v1i1.458

Mustari, A. M., & Rijal, M. (2020). Aktivitas Humas Pemerintahan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Destinasi Wisata Di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam STIMULI Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 89-95. http://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/stimuli/article/view/14

Nova, F. (2014) PR War Pertarungan Mengalahkan Krisis, Menaklukkan Media, dan Memenangi Simpati Publik. Jakarta: Grasindo.

Nova, F. (2012) Republic Relattions, Knowing Your Public is a Halfway to Win the Battle. Jakarta: Media Bangsa.

Redaksi (2019) Bandung 1.000 Kampung, Jelekong Produksi Seribu Lukisan Berbahan Sampah. Melalui < https://www.dara.co.id/bandung-1-000-kampung-jelekong-produksi-seribu-lukisan-berbahan-sampah.html> Diakses pada [05-09-2020]

Ruslan, R. (2006). Manajemen public relations dan media komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustandi, D. (2011) Optimalisasi Fungsi Website sebagai Media Komunikasi Pemerintahan, dalam Jurnal Observasi Kajian Komunikasi dan Informatika, 9 (2) 2011.

Rustandi, D. (2020) Media Sosial dan Public Relation Daring Pemerintah dalam Takariani, Praditya, dan Puspitasari (ed) Media, Komunikasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Salima.

Saepullah, U., & Rustandi, D. (2020). Literasi Jurnalisme Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bandung. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 4(1), 25-46. DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8446

Seitel, F.P. (1992). The Practice of Public Relations (5th ed.). New York: Macmillan.

Santoso, M. B., Rachim, H. A., & Syauqina, D. A. (2018). Komunikasi Kelompok Sebagai Faktor Pendorong Terbentuknya Kerjasama Dalam Menyelesaikan Pekerjaan K3L Di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 198-204. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18371

Widodo, B. (2016). Strategi Pencitraan Kota (City Branding) Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Kota Solo, Jawa Tengah dan Kabupaten Badung, Bali). Profetik: Jurnal Komunikasi, 7(2). http://202.0.92.5/isoshum/ profetik/article/view/1104

Zaenal, Z. (2014) PNS di Subang Kembali Kenakan Seragam Hansip. Diakses tanggal 5 September 2020 melalui PNS di Subang Kembali Kenakan Seragam Hansip.

Zianiwati, P. (2017). Penyelenggaraan Program Raksa Desa Untuk Mempartisipasikan Dan Memberdayakan Masyarakat Di Desa Cisondari. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2). https://ejournal.upi.edu/ index.php/ pls/article/view/8747




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.10566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Betty Tresnawaty

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat