Pengaruh Literasi Produk Halal dan Daya Tarik Habel Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Bandung


Estu Elkasysyaf(1*), Neneng Hartati(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Keputusan pembelian adalah proses pengambilan keputusan yang diawali dengan pengenalan masalah kemudian mengevaluasinya dan memutuskan produk yang paling sesuai kebutuhan. Tulisan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan produk-produk halal bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi produk halal dan daya tarik label halal terhadap keputusan pembelian produk halal bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tulisan ini juga menggunakan metode penelitian kuantitatif dan survei. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan sampel sebanyak 75 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan penggunaan cluster. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat literasi produk halal sebesar 0,058 > 0,05, hal ini berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk halal, sedangkan daya tarik label halal mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal.


Keywords


Literasi, Produk, Halal, Label

Full Text:

PDF

References


Ali, Adnan, Ali, A., Xiaoling, G., Sherwani, M., & Hussain, S. (2018). Expanding the theory of planned behaviour to predict Chinese Muslims halal meat purchase intention. British Food Journal

Anjang Sudrajat, 2018, Analisis Pencantuman Marek, Kemasan, Label Halal,Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Cepat Saji Waralaba Internasional dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi,” Skripsi,Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta

Awan, H. M., Siddiquei, A. N., & Haider, Z. (2015). Factors affecting Halal purchase intention – evidence from Pakistan’s Halal food sector. Management Research Review, 38(6), 640– 660. h

Danang Sunyoto, 2013, Teori, Kuesioner & Analisi Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen Yogyakarta: Graha Ilmu

Diamant, J. (2019). The countries with the 10 largest Christian populations and the 10 largest Muslim populations. Retrieved July 4, 2019, from

https://www.pewresearch.org/facttank/2019/04/01/the-countries-with-the-10-largestchristianpopulations-and-the-10- largest-muslim-populations/

Eko Suprayitno, 2008, Ekonomi Mikro Perspektif Islam, Malang: UIN-MALANG PRESS.

Ibadullah Malawi, dkk, 2017, Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra dan Lokal,, Jawa Timur: CV AE Medika Grafika.

Imam Salehudin, 2010, Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation, ASEAN Marketing Journal.

Karim, 2015, Riba, Gharar dan Kaidah–Kaidah Ekonomi Syariah: Analisis Fikih dan Ekonomi, Jakarta: Rajawali Press.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 1997, Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I, Jakarta: PT. Salemba Empat. Literasi, https://kbbi.kemdikbud.go.id, diakses pada tanggal 11 Juli 2021, pukul 14.23 WIB

Nurhayati, T., & Hendar, H. (2019). Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention Role of halal product awareness. Journal of Islamic Marketing

Perpustakaan Nasional, 2013, Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan dalam Mengkonsumsi Produk Halal (Jakarta: Badann Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Purnomo M. Antara, et al, 2016, „Bridging Islamic Financial Literacy and Halal Literacy: The Way Forward in Halal Ecosystem‟, Procedia Economic and Finance.

Sandıkcı, Ö. (2011). Researching Islamic marketing: past and future perspectives. Journal of Islamic Marketing, 2(3), 246–258.

Ulyah, 2018, Pengaruh tanggal kadaluarsa dan label halal pada kemasan produk makanan terhadap keputusan pembelian masyarakat desa sungai terap”, Skripsi:UIN Jambi.




DOI: https://doi.org/10.15575/jieb.v1i2.15585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Estu Elkasysyaf and Neneng Hartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexing:

google scholar moraref morarefDOAJ