Peran Koperasi Pondok Pesantren (KOPONTREN) Daarut Tauhiid Dalam Memberdayakan Ekonomi DI Lingkungan Pesantren


Firman Maulana Sidik(1*), Deden Sumpena(2), Putri Diesy Fitriani(3)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren tumbuh dan berkembang dari dan untuk masyarakat, pesantren merupakan lembaga keagamaan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat, khususnya penduduk pedesaan. Perkembangan koperasi di sekitar pesantren atau disebut juga Kopontren atau Koperasi Pondok Pesantren bukanlah hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Kopontren Daarut Tauhiid dalam mengembangkan usaha-usaha yang dijalankan, peran dalam upaya memberdayakan ekonomi di lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar, dan perubahan dan hasil yang dirasakan setelah begabung dengan Kopontren Daarut Tauhiid. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini menggunaka paradigma kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil terkait Peran KOPONTREN Daarut Tauhiid, Kopontren ini mengembangkan usaha melalui kebutuhan masyarakat dan SDM Internal Kopontren. Kedua, Peran kopontren ini sebagai fasilitator masyarakat untuk meningkatkan ekonomi serta mencukupi kebutuhan hidup. Terakhir, hasil dari penelitian ini, Kopontren ini membantu para UMKM dan anggota lebih berdaya dalam sisi ekonomi.

Keywords


Daarut Tauhid; Ekonomi Ummat; Pemberdayaan; Peran

Full Text:

PDF

References


Azmi, M. M. D. (2013). Pemberdayaan Pondk Pesantren Al-Idrus Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Desa Repaking Kecamtan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Sejarah Peradaban dan Kebudayaan Islam. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Azmi, M. M. D. (2013). Peran Pondok Pesantren Darul Ulum Dalam Pemberdayaan Ekonomi Msyarakat Dusun Pesantren Peterongan. Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Badan Pusat Statistik. (2022,. September 13). Perkembangan Koperasi di Indonesia. Diambil 13 September 2022, dari https://www.bps.go.id

Budiarti, I. (2018). Kajian Model Pengembangan SDM Pariwisata Di Kawasan Jatigede Kec. Darmaraja Kab. Sumedang. Indonesian Community Service and Empwermwnt Journal, 2 (1).

Brown, R. D & Petrello G. J. (1976) Introduction to Bussiness, An Integration Approach, Beverly Hilss:Glen Cloe Press.

David, F. R (2011). Strategic Management . Edisi 12. Jakarta:Salemba Empat.

Dimyati, A. (2017). Islam dan Koperasi. Jakarta: Koperasi Jasa Informasi.

Djawaini, D. (2010). Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edilius, & Sudarsono. (2005). Dalam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Entang, S. A. (2018). Peranan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(1).

Firdaus, M. (2005). Dasar dan Strategi Pemsaran Syariah. Jakarta: Renaisan

Gerungan, W. A. (2018). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Eresso.

Hartomo, & Arnicun, A. (2018). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hubeis, M & Najib, M. (2015). Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Saya Saing Organisasi. Jakarta: Elex Media Komplitindo

Isnanto, M. (2018). Strategi Pengembangan Koperasi Di Kabupaten Batang. Edisi Maret, 3(1).

Karbulah. (2018). Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayan Masyarakat Tani. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3 (1).

Kartasashmita, G. (1996). Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Dalam Pengembangan Untuk Rakyat (hlm. 145). Jakarta: PT. Pustaka Cidesindo.

Kuswana, D., & Saebani, B. A. (2011). Metode Penelitian Sosial . Bandung: Pustaka Setia.

Madjid, F. (1996) Etika dalam Islam, terj. Zakiuddin B. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawami, M. (2020). Kesejahteraan Rakyat Dalam Konsepsi Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Keislaman, Kemasyrakatan, dan Kebudayaan, 3 (1)

Porter, Michael A (2001). Competitive Advantage, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Wardhani S. R & Agustina. Y. (2009). Analisi Faktor-Faktor yang mempengaruhi daya saing pada sentra industri makaanan khas bangka di Kota Pangkalpanjang. Jurnal Ilmiah, 8 (3).

Masyud, M. S., & Khusnurdilo, M. (2018). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka..

Muslim, A. (2017). Metodologi Pengembangan Masyarakat. Yogyakarta: Teras.

Muttaqin, R. (2011). Kemandirian dan Pemerdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 1 (2).

Rahmat, B. (2008). Evaluasi Program Pendidikan dan Latihan Pada Koperasi Pondok Pesantren. Jurnal Pengkajian Koperasi Dan UKM Nomor 2 Tahun 2006, 6 (1).

Riadi, M. (2020). Pendekatan, Strategi dan Bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Diakses 12 November 2022, dari http://kajianpustaka.com/2020/01/pendekatan-srategi-bentuk-pemberdayaan-ekonomi-masyarakat.html?m=1

Riyadi. (2015). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Rosda Karya.

Soekanto, S. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soerjono, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Suharto, E. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Editama.

Suhendi, H. H. (2017). Fiqh Muamalah. Bandung: Gunung Djati Press.




DOI: https://doi.org/10.15575/tamkin.v9i2.25737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam is Indexed By:

Google Scholar

Diterbitkan oleh Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Dakwah dan komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
Jln. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Indonesia 40614 Phone: +62 22-7802844

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistic 

View My Stats