Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Benang Gulung Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat


Mega Putri(1*), Agus Ahmad Safei(2), Paryati Paryati(3)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Akibat dari wabah covid-19, telah menyebabkan banyaknya pemutusan hubungan kerja dikalangan masyarakat. Sehingga hal ini memerlukan penanganan agar masyarakat tetap produktif dan memiliki penghasilan yang tetap. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses dan juga keberhasilan yang diperoleh oleh masyarakat setelah bergabung bekerja di home industry benang gulung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode studi deskriptif yang memiliki tujuan menggambarkan secara sistematis fakta ataupun karakteristik populasi tertentu sesuai kebenaran. Berdasarkan hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Home Industry Benang Gulung dilakukan dengan beberapa program yaitu sosialisasi, pelatihan, pembinaan, serta pendampingan. Adapun proses pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Home Industry Benang Gulung melalui tiga tahap, yaitu Tahap penyadaran, transformasi, dan peningkatan intelektual. Hasil pemberdayaan oleh Home Industry Benang Gulung bisa dilihat dari dua sisi yaitu peningkatan ekonomi, dan segi SDM Home Industry Benang Gulung.

Keywords


Benang Gulung; Home Industry; Proses Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Afriyani. (2017). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Tahu di Desa Landbaw, Pengembangan Masyarakat Islam, Dakwah Komunikasi, UIN Raden Intan, Lampung.

Ahmad, Z. (2017). Dakwah dan Pemberdayan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Ilmu Dakwah, vol. 37, no.2 , 28.

Alfi, I. N. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Pengrajin Boneka Kampung Boneka di Lenteng Agung Jagakarsa Jakarta Selatan, Pengembangan Masyarakat Islam, Dakwah Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Aziz, R. (2010). Dakwah Dalam Paradigma Pemberdayaan Masyarakat Muslim. Jurnal llmu Dakwah: Academic Journal For Homiletic Studies. Vol.5, No. 16, 120.

Harahap, F. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional Yang Tangguh dan Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No 2.

Istiqomah. (2019). Manajemen Produksi Home Industry Perspektif Ekonomi Islam. Mabsya Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1 (2), 169-190 .

Kementerian Kesehatan. (2020). Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempar dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, diakses 20 Juni 2020 dari https://covid-19.kemenkes.go.id/protokol-covid-19/protokol-kesehatan-bagi-masyarakat-di-tempat-dan-fasilitas-umum-dalam-rangka-pencegahan-covid-19

Khusna, A. R. (2021). Dinamika Ekonomi Wilayah Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Indonesia. Pembangunan Wilayah, Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Laelasari, N., Safei, A. A., & Aziz, A. (2017). Peranan Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi. TAMKIN: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol 2 No. 21.

Machendrawaty, N., & Safei, A. A. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam Dari Teologi, Strategi, sampai Tradisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I, No 2, 94-95. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I, No 2, 94-95,.

Phuk, T. A. (2019). 2012. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. (Local Community Economic Empowerment and Corporate Social Responsibility). Yogyakarta: Deepublish.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safei, A. A. (2020). Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safei, A. A, & Herdiana, D. (2021). Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan Sosial (Studi Multikasus di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur dan Maluku Utara. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Safei A. A, Ono, Aya & Nurhayati N. (2020). Pengembangan Masyarakat Perspektif Islam dan Barat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safei, A. A. (2016). Sosiologi Dakwah Rekonsepsi, Revitalisasi, dan Inovasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH CV Budi Utama.

Saragih, Y. (2019). Manajemen dan Kewirausahaan. Jurnal: Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 21 No.1

Setiawan, I. A. (2012). Dakwah Berbasis Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Kesejahteraan Mad'u. Academic Journal for Homiletic Studies, 6 (2). 349., 349.

Suharto . (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sulistiyani, A. T. (2017). Kemitraan dan Model Pemberdayaan . Yogyakarta: Gava Media.

Tambunan , T. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia, Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.15575/tamkin.v8i1.43360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam is Indexed By:

Google Scholar

Diterbitkan oleh Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Dakwah dan komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
Jln. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Indonesia 40614 Phone: +62 22-7802844

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistic 

View My Stats