Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Wisata Kolam Renang Tirtamulya


Rifky Syaiful Anwar(1*), Asep Shodiqin(2), Putri Diesy Fitriany(3)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan sektor pariwisata dipandang sebagai sesuatu yang strategis untuk mendorong pembangunan di wilayah yang memiliki potensi objek wisata. Wisata Kolam Renang Tirtamulya merupakan salah satu wisata yang berada di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Bandung Barat. Wisata ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat karena dinilai memiliki potensi yang tinggi terhadap kemajuan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses implementasi, dan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat di wisata kolam renang Tirtamulya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: Program pemberdayaan yang dilakukan berupa pembangunan sarana prasana atau fasilitas dan pengelolaan pedagang kaki lima. Proses implementasi pemberdayaan yang terdiri dari beberapa proses yaitu: proses persiapan, pelaksanaan, pengawasan, partisipasi, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh yaitu memberikan manfaat dalam segi ekonomi untuk masyarakat, faktor pendorong yaitu partisipasi masyarakat dan penghambat yaitu Covid 19, lalu responsibilitas yaitu adanya respon positif dari berbagai kalangan masyarakat.

Keywords


Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Objek Wisata; Kolam Renang Tirtamulya.

Full Text:

PDF

References


Adi, I.R. (2013). Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Aziz, R. (2010). Dakwah Dalam Paradigma Pemberdayaan Masyarakat Muslim. Ilmu Dakwah : Academic Journal for Homiletic Studies, 5 (16), 117 - 142.

Beerli, A., & Martin, J.D. (2004). Factors influencing destination image. Annals of tourism research, 31(3), 657-681.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13 (2), 183 - 92.

Chafid, F. (2000). “Potensi Obyek Wisata Alam Indonesia”. Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty dalam Organisasi. Yogyakarta : Med Press .

Djalal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah ( Transformasi Pelayanan Publik). Yogyakarta : Adicita Kurniawan.

Effendy, O.U. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta : Graha Ilmu .

Handayaningrat, S. (1990). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Haji Masagung.

Handoko, T.H. (1999). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. Yogyakarta : BPFE .

Hutomo, M.Y. (2000). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi. Yogyakarta : Adiyana Pres .

Inskeep, E. (2009). Tourism Planning: An Integrated And Sustainable Development Approach. New York : Van Nostrand Reinhold.

Jones. (1996). Pengantar Kebijakan Publik (Publik Policy) Terjemahan Ricky Ismanto. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada .

Keliwar, S., & Nurcahyo, A. (2015). Motivasi dan persepsi pengunjung terhadap obyek wisata desa budaya pampang di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 12 (2).

Kodhyat, H. (1996). Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya Di Indonesia. Jakarta : PT Grasindo .

Kusnawan, A., Rahman, A., Lukman, D., & Dulwahab, E. (2017). Manajemen Mutu Input Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia. Ilmu Dakwah : Academic Journal for Homiletic Studies, 11 (2), 277 – 292 .

Marpaung, H., & Bahar. (2000). Pengertian Pariwisata. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Nafarin, M. (2012). Penganggaran Perusahaan. Jakarta : Salemba empat.

Nasdian, F.T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Jakarta : Buku Obor .

Nuraida, I. (2008). Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta : Kanisius.

Nurdin, U. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung : CV. Sinar Baru .

Pearce., & Robinson. (1997). Manajemen Strategis. Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Ratminto & Winarsih, A.S. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sammeng, A.M. (2001). Cakrawala Pariwisata. Jakarta : Balai Pustaka .

Selvira, H. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Kawasan Objek Wisata Telaga Biru (Studi Di Desa Perian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur). Skripsi. Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Siregar. (2017). Analisis Proses Rekrutmen Karyawan Pada Madani Hotel Medan. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung : Refika Aditama .

Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung : Refika Aditama .

Sulistiyani, A.T. (2004). Kemitraan dan Modelmodel Pemberdayaan. Yogyarakta : Gaya Media Yogyakarta .

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pusaka Belajar.

Susilo, A. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Islam. Falah : Jurnal Ekonomi Syariah. 1 (2), 193–209.

Tendelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE .

Usman, H., & Akbar, P. S. (2003). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Wardana, J. (2021). Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui objek pariwisata Balong Geulis: Studi deskriptif di objek pariwisata Balong Geulis desa Jaya Mekar kecamatan Cibugel kabupaten Sumedang. Skrpsi. Diterbitkan. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Widoyoko, E.P.S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yoeti, O.A. (1996) Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa.

Zebua, M. (2016). Inspirasi Pengembangan Pariwisata Daerah. Edisi Revisi. Cetakan ke 1. Yogyakarta : Deepublish .




DOI: https://doi.org/10.15575/tamkin.v8i2.43397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam is Indexed By:

Google Scholar

Diterbitkan oleh Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Dakwah dan komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
Jln. A.H. Nasution 105 Cibiru, Bandung, Indonesia 40614 Phone: +62 22-7802844

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistic 

View My Stats