Eksplorasi Pembelajaran M-learning Fiqh pada Masa Pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya


Nahdliyyatul Azimah(1*), Rahman Hakim(2)

(1) Uin Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
(2) Institut Agama Islam al-Khoziny Sidoarjo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study explores the learning of fiqh at the ma'had al-jamiah center of UIN Sunan Ampel Surabaya which includes: implementation of online learning, teaching media, methods, and evaluation. The type and approach used is descriptive naturalistic. M-Learning-based Fiqh learning is the answer during the Covid-19 pandemic, which demands the general public and the world of education in particular to adopt a lifestyle of working and learning from home. The result was that M-Learning Fiqh which was applied during the pandemic was running well as an alternative to the usual face-to-face lectures. These good results were obtained based on a survey conducted on a number of respondents who considered that M-Learning Fiqh was going well and effectively.

 

Abstrak 

Penelitian ini mengeksplorasi seputar pembelajaran fiqh di pusat ma’had al-jamiah UIN Sunan Ampel Surabaya yang meliputi: pelaksanaan pembelajaran daring, media ajar, metode, dan evaluasinya. Jenis dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pembelajaran Fiqh berbasis M-Learning merupakan jawaban di masa pandemi Covid-19 yang menuntut masyarakat secara umum dan dunia pendidikan secara khusus untuk menerapkan gaya hidup bekerja dan belajar dari rumah. Hasilnya adalah pembelajaran M-Learning Fiqh yang diterapkan saat masa pandemi berjalan dengan baik sebagai alternatif pengganti kuliah tatap muka yang biasa dilakukan. Hasil baik ini diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan terhadap sejumlah responden yang menilai bahwa Pembelajaran M-Learning Fiqh berjalan dengan baik dan efektif.


Keywords


Eksplorasi;M-learning;Fiqh

References


Abdusshomad, Muhyiddin. (2005). Fiqh Tradisionalis: Jawaban Pelbagai Persoalan Agama Sehari-hari Cet IV. Malang: Pustaka Bayan, 11-13.

Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 dalam Pembelajaran di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Salam, 7 (5), 396-398. Diakses dari http:// journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/download/15314

Al-Jami’ah, Tim Pusat Ma’had. (2017). Adab Al-Thalibin Fi Ta’alimi Sayyidil Mursalin. Surabaya: Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel, 2017.

Al-Jami’ah, Tim Pusat Ma’had. (2016). Buku Panduan Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa. Surabaya: Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel, 1-23.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 20-30.

Aripin, Ipin. (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3 (1), 1. Diakses dari https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/853

Asmani, Jamal Ma’mur. (2007). Fiqh Sosial Kiai Sahal mahfudh: Antara Konsep dan Implementasi. Surabaya: Khalista, xiii.

Chalim, Saifuddin Asep. (2020). Model Pendidikan: Dalam Mengatasi Problematika Masa Kini dan Masa Akan Datang. Surabaya: UIN Sunan Ampel, 36-39.

Foti, Megan K. (tt). Pembelajaran Mobile: Bagaimana Siswa Menggunakan Perangkat Mobile untuk Dukungan Belajar. (http://www.academia.edu), diakses 14 Agustus 2020, 5-6.

Imanah. (tt) Penerapan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif di Sekolah Menengah Pertama (tt). (http://www.academia.edu), diakses 14 Agustus 2020, 2-5.

Indarti., Fadjar, N.H., Tamimuddin, Rustam, E., Wendhie, P., Muda, N.K., et.al. (2015). E-Learning untuk Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Yogyakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 65-80.

Irnin, A. D. A., Ria, A. S., & Dandan, L. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobil Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3 (1),1. doi: doi.org/10.21009/1.03108

Khusniyah, N., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17 (1), 19. https://doi.org/10.20414/jtq.v177i1.667

Kemendikbud. (2020) Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran: Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud, 34.

Khoiruddin. (2019). Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran PAI: Studi Kasus Pada SMPN 13 Surabaya. Tesis, Pendidikan Agama Islam: UIN Sunan Ampel Surabaya, 1.

Latjuba, S., & Rozak, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8 (1), 81. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/17204

Majid, Abdul. (2012). Mobile Learning. Makalah disampaikan pada Mata Kuliah Isu-Isu dalam Penerapan Teknologi Informasi dalam Pendidikan, Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 1.

Yuliani, Refi Elfira. (2010). Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Sebagai Model Pembelajaran Alternatif dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 1 (1), 1. Diakses dari https://jurnal.um-palembang.ac.id/kognisi/article/view/125

Nasution, Muhammad Irwan Padli. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra’, 10 (1), 1. Diakses dari https://jurnal. uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/123

Nurdin, Arbain. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology. Jurnal Tadris, 11 (1), 57. Diakses dari https://ejournal. Iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/971

Nurdyansyah & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran: Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Centre, 1-2.

Rahmawati, E.M., & Mukminan. (2017). Pengembangan M-learning untuk Mendukung Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4 (2), 157. Diakses dari http://journal uny.ac.id//index.php/jitp

Sabiq, Sayyid. (2006). Terjemah Fiqh Sunnah Cet I. Bandung: Pena Pundi Aksara, dalam kata pengantar.

Surahman, Ence. (tt). Adaptive Mobile Learning: Inovasi Pembelajaran di Era Digital(http://www.academia.edu), diakses 14 Agustus 2020, 1.

Suartama, I Kadek. (2014). E-Learning: Konsep dan Aplikasinya. Bali: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 20-23.

Subana, Rahadi.M, Sudrajat. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 23-25.

Yusuf, Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu. (2009). Terjemah Kaedah-Kaedah Praktis Memahami Fiqh Islami. Gresik: Pustaka Al-Furqan, viii.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.9349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nahdliyyatul - Azimah, Rahman - Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id