Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan


Dianti Randa Umbu Lele(1*), Diyah Ayu Widyaningrum(2)

(1) , Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo, Malang, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran melibatkan peran berbagai komponen terutama guru, siswa dan bahan ajar yang terkait langsung dengan proses pembelajaran. Guru professional dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pendidikan dan pembelajaan, salah satunya dalam pembuatan bahan ajar, misalnya LKS. Guru di SMA Negeri 1 Tana Righu belum pernah mengembangkan LKS secara mandiri sesuai kebutuhan. Solusi terhadap masalah ini adalah pengembangan LKS berbasis model pembelajaran SSCS pada materi sistem pencernaan makanan. Metode penelitian menggunakan  4D dengan tahapan Define, Design, dan Develop. Tahap Disseminate tidak dilaksanakan. Instrumen penelitian berupa angket yang diberikan pada validator dan siswa pada saat uji keterbacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi sebesar 92,67% dengan kriteria sangat layak. Penilaian ahli media sebesar 84% dengan kriteria sangat layak. Penilaian guru sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak. Penilaian siswa pada uji keterbacaan sebesar 86,68 dengan kriteria sangat layak. Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. 


Keywords


LKS, SSCS, sistem pencernaan makanan

References


Astuti, N.P.E.F., Suweken, G. & Waluyo, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. 9(2): 2613-9677.

Erlistiani, M., Syachruroji, A. & Andriana, E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD. 13(2) : 161-168.

Fitri, I., Agustin, S., Rahmi, D., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 42-53.

Khaillasiwi, O., Purwanto, S. & Meiliasari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Negeri 45 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah). 4(2): 44-50.

Kusumam, A., Mukhidin & Hasan, B. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Pendidikan dan Kejuruan. 23 (1): 28-39.

Marinda, Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’-Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman. 13 (1): 116-152. https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/524/346 .

Milama, B., Bahriah, E. S., & Mahmudah, A. (2017). The effect of Search, Solve, Create, and Share (SSCS) learning model towards student’s critical thinking skills. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 3(2), 112-123.

Sanchia, A.I. & Faizah, U. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Materi Arthropoda Kelas X SMA. JRBA: Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya. 1(1): 9-17.

Thiagarajaan Sivasailam, Semmel, D. G., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children, (Mc), 1–194.

Wahyuningsih, D., Abdullah & Herdini. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Createand Share (SSCS) Pada Materi Asam Dan Basa. J. Pijar MIPA. 15 (5): 499-504.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i1.22254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats