PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR TERINTEGRASI ETNOKIMIA UNTUK MAHASISWA


Henie Poerwandar Asmaningrum(1*), Imam Koirudin(2), Kamariah Kamariah(3)

(1) Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Musamus, Indonesia
(2) Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Musamus, Jalan Kamizaun Mopah Lama, Merauke, 99611, Indonesia, Indonesia
(3) Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Musamus, Jalan Kamizaun Mopah Lama, Merauke, 99611, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan praktikum kimia dasar terintegrasi etnokimia. Penelitian pengembangan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: 1) menganalisis materi (define), 2) mendesain prototype panduan (design), 3) validasi dan uji coba produk (develop).  Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan terhadap 17 mahasiswa untuk mengetahui respon dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa menggunakan panduan praktikum. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa produk panduan praktikum dinyatakan valid oleh ahli materi (rerata 75%) dan ahli media (rerata 86,25%). Panduan dinyatakan layak digunakan, karena menunjukkan respon positif dan capaian keterampilan kinerja ilmiah mahasiwa yang sangat baik.


Keywords


pengembangan; panduan; praktikum; kimia dasar; etnokimia.

References


American Chemical Society. (2009). ACS Guidelines for Chemistry inTwo-Year College Programs: Spring 2009. Washington, DC: American Chemical Society.

BNSP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti (Jilid 1) (Edisi 3).Alih bahasa: Suminar Setiati Acmadi. Jakarta: Erlangga.

Darmanto. (2009). Local Genius sebagai Competitive Advantage Perguruan Tinggi, Makalah Lokakarya Local Genius. Wisma Joglo Yogyakarta 3-4 Februari 2009.

Handayani, L. P., Farida, F., & Anhar, A. (2014). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMP Kelas VII Semester II.Kolaboratif, 1(3).

Hermawati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1, 28-36.

Maharani, M. U. (2013). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Tema Fotosintesis Berbasis Learning Cycle untuk Siswa SMP. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Negeri Malang.

Merdekawati. (2012). Menumbuhkan Keunggulan Bangsa Melalui Pendidikan Kimia Berbasis Local Genius. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains UNS, 3, 1-8. Surakarta.

Murdiani, I. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Metode E-learning Berbasis Multiple Intelligences pada Materi Sistem Gerak Manusia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2, 5-6.

Murti, S., Muhibbuddin, & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Pratikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 6.

Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta, 3, 31-37.

Wimbarti, S. (2009). Integrasi Local Genius ke dalam Sistem Pembelajaran, Makalah Lokakarya Local Genius. Wisma Joglo Yogyakarta 3-4 Februari 2009.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Henie Poerwandar Asmaningrum, Imam Koirudin, Kamariah Kamariah

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637