Media pembelajaran Berbasis Daur Ulang Sampah Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21Dalam Pembelajaran Biologi


Iwan Ridwan Yusup(1*), Qonita Zahra Nurhidayati Sani(2), Qisthi Mulki Auliya(3)

(1) , Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Blanded Learning pada masa pandemi Covid-19 mendorong pendidik untuk kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran berbsis lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui keterampilan abad 21 yang berkembang dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah 4-D (define, design, develop, dessimination), data validasi media dianalisis deskriptif kuantitatif dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran biologi secara kuantitatif. Hasil penelitian berupa media visual miniatur ekosistemdan flipchart menunjukkan bahwa tingkat validasi media 79,79% dengan kategori sangat layak. Uji keterbacaan 4,4 dengan kategori sangat baik, dan kreativitas sebagai produk 83,7% (kuaifikasi sangat baik). Media kedua adalah miniatur ekosistem dengan ciri khas atau yang menajdi karakteristik dari media ini adalah pemanfaatan limbah menjadi media pembelajaran, hasil level kreativitas pada kinerja sebesar 67,81% tingkat kreativitas yaitu emerging (muncul) sedangkan pada hasil produk sebesar 76,07% tingkat kreativitas expressing (terekspresikan). Hasil ini mengidikasikan bahwa media visual proyek miniatur berbahan limbah yang dikembangkan dapat membekali siswa pada materi ekosistem meskipun siswa terkendala dalam merancang pembuatan media.


Keywords


kreativitas, flipchat, miniatur, bahan limbah, bahan ajar

References


Afianti E, Rustaman N & Suwarma I.R. (2017). Performance Assesment Implementation in STEM-based Learning to Investigate Student's Creativity on The Cell Topic. Local Proceeding Internasional Conference on Mathematics and Science Education. Hal. 857-863.

Arnyana. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri 4 (2) : 14-21.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persda.

Aryana. (2007). Pengembangan Peta Pemikiran Untuk Kecakapan Berpikir Kreatif Peserta Didik . Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 2 (3) : 669-678.

Haryoko. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Media Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro 3 (1) : 28-33.

Kaufman & Beghetto. 2009. Extension of the consensual assessment technique to nonparallel creative products. Creativity Research Journal 13 (1) : 1–12.

Moma. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMA . Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4 (1) : 27-41.

Oslon, R. W. 2009. Seni Berpikir Kreatif. Jakarta : Erlangga.

Pratiwi, D. E. (2013). Penerapan Media Papan Balik (Flipchart) pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal PGSD , 01(02): 1-10.

Pranata, R. (2016). Pengembangan Ular Tangga Edukatif pada Materi Limit Kelas X SMK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipatara.

Suswanto, H. dan Sari. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan , 2(7): 1008-1016.

Syam, N. (2017). Pengembangan Media Tutorial Pembelajaran IPA Berbasis Web untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Pallangga. Jurnal Pendidikan Fisika , 5(2): 156-174.

Tentrem, R. (2013). Pembelajaran Matematika Berbantuan Miniatur Teenzania Untuk Meningkatkan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Primany Education 2 (2) : 20-28.

Widiyatmoko, P. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1) : 51-56.

Wulandari, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMA Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia 2. (1) : 47-58.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats